Persija Jakarta meminjam mantan pemainnya Jaimerson Xavier (kiri) untuk menghadapi Home United di kualifikasi Liga Champions Asia, pekan mendatang. (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID Persija Jakarta sudah menuntaskan laga kedua babak 32 Besar Piala Indonesia. Meski diimbangi 757 Kepri Jaya yang berstatus tim Liga 3, namun Persija tetap lolos ke 16 Besar. Dalam duel kedua di Stadion Citra Mas, Batam, Kamis (31//2019), Persija ditahan 1-1.

Di laga itu, Kepri Jaya sempat mengejutkan Macan Kemayoran. Bahkan tuan rumah unggul lebih dulu melalui Mohammad Lutfi Hermawan menit 42. Namun keunggulan Kepri Jaya tak bertahan lama. Hanya berselang beberapa menit atau di pengujung babak pertama, bek sayap veteran Ismed Sofyan membobol gawang Kepri Jaya.

Hasil imbang itu menjadikan Persija melaju tanpa hambatan berarti karena unggul agregat 9-3. Pasalnya, pada duel pertama, Persija mampu menang telak 8-2.

Dari sisi hasil, pelatih Persija Ivan Kolev tak kecewa karena tim sudah lolos ke babak berikutnya. Hanya, Kolev harus menaikkan level permainan Macan Kemayoran karena mereka akan berlaga di kualifikasi Liga Champions Asia.

Ya, Macan Kemayoran akan mengawali pertarungannya di kompetisi Asia dengan tampil di laga tandang melawan tim Singapura, Home United di Stadion Jalan Besar, Selasa (5/2/2019).

Pemain Persija Jakarta sedang bercanda saat latihan. Setelah lolos ke 16 Besar Piala Indonesia, kini Persija membidik laga kualifikasi Liga Champions Asia melawan Home United. (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

Dan, Kolev harus melakukan pembenahan karena Home United tetap bukan lawan enteng bagi Marko Simic dkk. Apalagi, performa tim di Piala Indonesia kurang memuaskan. Meski menjadikan Piala Indonesia sebagai ajang pemanasan sebelum berlaga di Liga Champions Asia, namun Kolev tetap memberi perhatian pada performa tim.

“Saya memang melakukan banyak pergantian pemain karena saya ingin memberi kesempatan kepada mereka. Jadi, saya makin tahu kualitas pemain. Persoalannya, kami sesungguhnya menguasai permainan. Hanya penyelesaian kami tidak bagus. Ini yang harus diperbaiki sebelum berlaga di Liga Champions Asia,” kata Kolev.

Pelatih asal Bulgaria ini mengakui Home United bisa menjadi batu sandungan juara Liga 1 2018 ini. “Home United memiliki level permainan yang cukup tinggi. Mereka tim yang bagus. Ini akan menjadi pertandingan yang ketat karena Home United punya beberapa pemain yang berkelas,” paparnya.

Di ajang Liga Champions Asia, Persija meminjam dua pemain Madura United, Alberto ‘Beto’ Goncalves dan bek Jaimerson Xavier. Keduanya dipinjam karena Persija belum bisa menurunkan empat pemain barunya, Vinicius Lopes, Jakhongir Abdumuminov, Bruno Matos, dan Ryuji Utomo.

“Kami tak bisa menurunkan empat pemain baru. Ini yang menjadikan kami meminjam Jaimerson dan Beto. Saya berharap mereka bisa membantu kami,” kata Kolev lagi.