Pelatih Agus Yuwono tetap dipertahankan menangani Persis Solo menghadapi kompetisi Liga 2019. Pelatih Agus memberi keterangan pers mengenai persiapan tim. (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Gagal tak membuat pelatih Agus Yuwono kehilangan posisinya di Persis Solo. Dirinya tetap diberi kepercayaan menangani Persis untuk menghadapi Liga 2 2019.

Sekretaris Jenderal Persis, Dedi M. Lawe menuturkan Agus tetap mendapat dukungan dari manajemen dan suporter. Dirinya pun berharap Agus menuntaskan misi yang tertunda, yaitu promosi ke Liga 1 musim depan.

“Pelatih Persis tetap dipercayakan kepada Agus Yuwono. Penunjukan pelatih Agus mendapat dukungan sepenuhnya dari manajemen dan suporter. Kami menaruh harapan besar kepada Agus untuk menghadapi kompetisi,” ujar Dedi.

Pelatih Agus pun sudah langsung bergerak cepat dalam mempersiapkan tim. Rencananya, dia akan melakukan seleksi tertutup pada Rabu (13/2/2019).  Dan dalam tempo satu atau dua hari kemudian, pemain yang diseleksi sudah bisa diikat kontrak oleh Persis.

Menurut dia sebagian pemain lama masih akan dipertahankan. Dirinya juga selektif untuk pemain baru yang akan direkrutnya. Dengan target tinggi setelah beberapa kali gagal, Agus sangat berharap mereka yang menjadi tulang punggung Laskar Sambernyawa memang bisa diandalkan. Pasalnya dia diharapkan bisa membawa Persis kembali ke kasta tertinggi. Ini yang menjadikan Agus tak main-main dalam mempersiapkan tim.

“Pemain baru harus memiliki karakter sesuai yang saya inginkan. Dia harus bisa bermain di beberapa posisi. Lebih dari itu, pemain harus punya mentalitas kuat dan stamina bagus karena saya ingin pemain yang dinamis. Mereka jangan terpaku di posisinya saja,” ujar Agus.

Demi membentuk skuat yang kuat dan solid, Agus mengaku dirinya membutuhkan waktu lebih dari dua bulan. Namun persiapan selama dua bulan, menurut mantan pelatih Perseru Serui ini, sesungguhnya sudah cukup ideal.

“Dengan banyaknya pemain baru, saya berharap persiapannya bisa lebih lama atau setidaknya lebih dari dua bulan. Dengan demikian, saya bisa mendapatkan skuat yang solid dan kuat untuk berkompetisi di Liga 2,” katanya.

Persoalannya, klub-klub Liga 2 belum mendapat kepastian kapan kompetisi digulirkan lagi. Menurut informasi, kompetisi akan dilaksanakan pada awal Juli 2019. Hanya, Persis belum mendapat kepastian apakah akan digulirkan pada 2 Juli.

“Informasinya kick-off pada 2 Juli. Tetapi ini masih simpang-siur. Kami belum mendapat kepastian. Meski demikian, tim bisa dipersiapkan mulai Maret sampai Mei,” kata Dedi.

Persis, di musim lalu, hanya mampu bertahan sampai penyisihan grup. Mereka kalah head-to-head dengan Persiraja Banda Aceh dan Aceh United meski ketiga tim itu sama-sama memiliki poin 35.

Agus sendiri tidak menangani Persis sejak awal musim ini. Dirinya datang ke Solo menggantikan Jadfri Sastra.

Artikulli paraprakDemi Jam Terbang Pertandingan, Solo Football Academy Gelar Community Cup
Artikulli tjetërBerapa Dana Persis Solo Untuk Promosi ke Liga 1?