Tim putra BNI 46 sudah siap mental dan fisik untuk melakoni final four putaran pertama kompetisi bola voli Proliga 2019 di GOR Joyoboyo, Kediri, mulai Jumat (8/2/2019). (foto: istimewa)

OLENAS.ID Final four yang bakal menegangkan. Tim-tim yang berlaga di final four kompetisi bola voli Proliga 2019 sudah siap beradu kekuatan. Ya, final four pertama akan digelar di GOR Joyoboyo, Kediri, mulai Jumat (8/2/2019) sampai Minggu (10/2/2019).

Tim-tim yang berlaga, di bagian putra, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Surabaya Bhayangkara Samator, dan Palembang Bank SumselBabel. Sedangkan di bagian putri keempat tim terdiri dari Jakarta PGN Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, dan Bandung Bank bjb Pakuan.

Juara bertahan putra, Bhayangkara Samator akan mengawali pertarungan dengan menghadapi juara putaran kedua BNI 46. Sedangkan pemuncak klasemen babak reguler, Pertamina Energi harus bertarung dengan peringkat empat Bank SumselBabel.

Bertemu lawan tangguh, tim putra BNI 46 siap berjibaku. Performa gemilang tim yang mengantarkan mereka menjadi juara putaran kedua akan dipertahankan saat memasuki final four. Manajer Loudry Maspaitella, mengungkapkan status sebagai juara putaran kedua bukan berarti tim berada di atas angin.

“Tidak ada tim yang berada di atas angin, termasuk BNI 46. Semua tim yang lolos final four tidak akan mau coba-coba. Semua tentu ingin menang, termasuk tim kami,” kata  Loudry.

Loudry tegaskan hanya tim yang siap mental dan fisik yang memenangkan pertandingan. “Faktor mental dan fisik akan menjadi penentu. Tim yang siap pada sisi keduanya yang akan memenangkan pertandingan,” ujarnya.

Kedua tim memang memiliki kekuatan berimbang. Mereka saling mengalahkan dengan skor sama di babak reguler. Pada putaran perdana, Bhayangkara Samator unggul 3-0. Namun di putaran keduanya, giliran BNI 46 yang menaklukkan rivalnya 3-0.

Latihan Receive

Asisten manajer Bhayangkara Samator, Hadi Sampurno mengatakan kalau tim bakal tampil maksimal karena final four merupakan partai hidup mati bagi semua tim.  Menurutnya pelatih Ibarsjah Djanu Tjahjono telah menggenjot pemain dengan latihan receive (penerimaan bola pertama). Apalagi mereka menghadapi BNI 46 yang ditangani Samsul Jais. Pelatih tersebut memang mengandalkan jump serve (servis lompat) untuk meraih poin.

Pemain Bhayangkara Samator Nizar Zulfikar dan Yuda Mardiansyah melakukan blok di pertandingan voli Proliga 2019. Mereka akan menghadapi BNI 46 di laga pertama final four di GOR Joyoboyo, Kediri, Jumat (8/2/2019). (foto: istimewa)

“Saat ini persiapan kami lebih banyak latihan receive. Pasalnya jump serve atau servis lompat dari lawan-lawan sangat berbahaya,” kata Hadi.

Di pertandingan lain, pelatih Bank SumselBabel, Pascal Wilmar tegaskan tidak gentar menghadapi Pertamina Energi. Bahkan Pascal merasa senang karena bersua lebih dulu dengan Pertamina.

“Semua tim yang lolos ke final four pasti sudah siap. Apalagi kami justru lebih senang di awal bertemu dengan Pertamina, ketimbang di awal sudah bertemu Samator,” ujar Pascal.

Jadwal final four Proliga di Kediri

Jumat, 8 Februari 2019

09:00 (putri) BNI 46 Jakarta vs Pertamina Energi Jakarta

16:00 (putri) PGN Popsivo Polwan Jakarta vs Bank BJB Pakuan Bandung

18:00 (putra) BNI 46 Jakarta vs Bhayangkara Samator Surabaya

20:00 (putra) Pertamina Energi Jakarta vs Bank SumselBabel Palembang

Sabtu, 9 Februari 2019

14:00 (putri) BNI 46 Jakarta vs Bank BJB Pakuan Bandung

16:00 (putra) Bhayangkara Samator Surabaya vs Bank SumselBabel Palembang

18:00 (putri) PGN Popsivo Polwan Jakarta vs Pertamina Energi Jakarta

20:00 (putra) Pertamina Energi Jakarta vs BNI 46 Jakarta

Minggu, 10 Februari 2019

14:00 (putri) Pertamina Energi Jakarta vs Bank BJB Pakuan Bandung

16:00 (putri) PGN Popsivo Jakarta vs BNI 46 Jakarta

18:00 (putra) Pertamina Energi Jakarta vs Bhayangkara Samator Surabaya

20:00 (putra) BNI 46 Jakarta vs Bank SumselBabel Palembang