Skuat Persebaya Surabaya sudah hampir komplet.Pelatih Djadjang Nurjaman sudah memiliki 23 pemain yang siap berlaga di Liga 1 2019. Tim masih menunggu beberapa pemain, termasuk asing, untuk melengkapi skuat. (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID Persebaya Surabaya sudah melengkapi skuat untuk menghadapi kompetisi Liga 1 2019. Saat ini sudah 23 pemain yang menjadi bagian dari Persebaya, termasuk di antaranya pemain lama seperti Fandi Eko Utomo, Osvaldo Haay, Rendi Irwan Saputra, Rachmat Irianto.

Persebaya juga merekrut bek muda Hansamu Yama Pranata yang kian mengilap. Bek alumni tim nasional U-19 yang menjadi juara Piala AFF U-19 2013 ini mulai melejit saat membela Barito Putera. Bahkan dirinya tidak hanya menjadi tulang punggung di jantung pertahanan tetapi juga kapten timnas. Kini, Hansamu akan menjadi andalan di sektor belakang Persebaya.

Selain Hansamu masih ada Otavio Dutra (Brasil), Rachmat Irianto, dan Ruben Sanadi. Ketiganya merupakan pilar pertahanan Bajul Ijo di musim lalu.

Di bawah mistar, Persebaya sudah memiliki tiga kiper. Setelah mempertahankan kiper lawas Miswar Saputra, Persebaya mendatangkan Abdul Rohim dan Imam Arief Fadillah. Miswar sendiri sudah membela Persebaya sejak 2017. Di musim lalu, kiper berusia 22 ini menjadi pilihan pertama Persebaya.

Lini tengah Persebaya diyakini makin kuat dengan kehadiran tiga pemain anyar Alwi Slamat, Elisa Basna, dan Manuchekhr Dzhalilov. Pemain anyar kemungkinan bisa bertambah karena Persebaya tengah menunggu kedatangan gelandang asal Bolivia, Damian Lizio.

Kehadiran Dzhalilov menjadikan karakter menyerang Persebaya kian moncer. Meski bermain di tengah, namun gelandang asal Tajikistan ini terbilang produktif dalam urusan mencetak gol. Saat di Sriwijaya FC musim lalu, Dzhalilov yang meniti karier yuniornya di klub elite Rusia, Locomotive Moscow ini mencetak tujuh gol dan lima assist.

“Dzhalilov memang menjadi bidikan saya. Dia termasuk gelandang yang produktif  dan sudah berpengalaman bermain di Indonesia. Saya sampai bersaing dengan klub lain untuk mendapatkan dia,” kata pelatih Persebaya Djadjang Nurjaman.

Osvaldo Haay, pemain muda yang dipertahankan Persebaya Surabaya karena performanya yang kian bersinar. (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

Sementara itu, lini depan tak banyak berubah. Selain trio Irfan Jaya, Oktafianus Fernando, dan Osvaldo, Persebaya merekrut striker Amido Balde asal Guinea-Bissau. Penyerang berusia 27 ini pernah mencicipi Liga Skotlandia dengan memperkuat klub papan atas Celtic.

Djadjang menuturkan semua pemain yang menjadi bagian dari skuat Persebaya adalah rekomendasi dari dia. Ini yang menjadikan eks pelatih Persib Bandung ini optimistis timnya mampu bersaing di Liga 1.

Pemain Persebaya Surabaya

kiper: Miswar Saputra, Abdul Rohim, Imam Arief Fadillah; belakang: Abu Rizal Maulana, Andri Muliadi, Hansamu Yama Pranata, M. Syaifuddin, Novan Setya Sasongko, Otavio Dutra (Brasil), Rachmat Irianto, Ruben Sanadi; tengah: Rendi Irwan Saputra, Fandi Eko Utomo, Alwi Slamat, Elisa Basna, Manuchekhr Dzhalilov (Tajikistan), Misbakhus Solikin, M. Hidayat, Nelson Alom; depan: Irfan Jaya, Oktafianus Fernando, Osvaldo Haay, Amido Balde (Guinea- Bissau)

Artikulli paraprakBerapa Dana Persis Solo Untuk Promosi ke Liga 1?
Artikulli tjetërPertarungan Mental di Final Four Putaran Pertama Voli Proliga