PSS Sleman kembali bertemu tim Liga 1 di babak 16 Besar Piala Indonesia. Dari undian yang dilakukan, Jumat (8/2/2019), PSS bertemu Borneo FC. Tampak kiper PSS Ega Rizky saat menghadapi Barito Putera di 32 Besar. (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID PSS Sleman kembali bertemu tim Liga 1 di babak 16 Besar Piala Indonesia. Usai menyingkirkan Barito Putera di 32 Besar, kini PSS akan menjajal Borneo FC.

Pertemuan kedua tim berdasarkan hasil undian yang dilaksanakan di Gedung TVRI, Senayan, Jakarta, Jumat (8/2/2019). PSS dan Borneo FC sendiri masuk di Zona Timur. Di zona itu mempertemukan PSM Makassar melawan Perseru Serui, dan Persela Lamongan menghadapi Bali United.

Sedangkan Persipura Jayapura dan Persebaya Surabaya masih harus berjibaku di babak 32 Besar. Persipura akan ditantang Persidago dan Persebaya menghadapi Persinga Ngawi.

Di Zona Barat, Persija Jakarta ditantang PS Tira-Persikabo. Sedangkan Bhayangkara FC bertemu PSIS Semarang. Di laga lain, Madura United menghadapi Sriwijaya FC dan Persib Bandung atau Persiwa melawan Arema FC.

Bagi PSS yang baru promosi ke Liga 1, laga melawan tim dari kasta tertinggi akan memberi pengalaman berharga bagi pemain. Pelatih Seto Nurdiantara menuturkan bila bertemu sesama tim Liga 1, Ega Rizky dkk kian terasah mental dan jam terbang pertandingan pun bertambah.

“Pertandingan melawan tim Liga 1 menjadi pembelajaran berharga. Pemain sudah bisa merasakan ketatnya kompetisi di kasta tertinggi. Ini pembelajaran yang bagus bagi mereka,” kata Seto.

Duel Persija melawan PS Tira-Persikabo akan menjadi catatan tersendiri bagi pelatih Ivan Kolev. Sebelumnya, Kolev pernah mengarsiteki PS Tira saat masih bernama PS TNI. Kini, pelatih asal Bulgaria itu menangani Persija.

Undian babak 16 Besar tetap digelar meski masih ada beberapa pertandingan di 32 Besar yang belum terselesaikan. Namun Deputi General Secretary PSSI, Marsal Irwan Masita memastikan semua laga tersisa bakal terselesaikan sebelum 12 Februari.

Ada tiga laga yang memperebutkan tiket 16 besar. Persipura Jayapura masih akan menghadapi Persidago, Persebaya Surabaya melawan Persinga dan Persib yang bertemu Persiwa.

PSIS sendiri telah memastikan ke 16 Besar setelah menyingkirkan tim Liga 2 Persibat Batang. Pada laga kedua, Jumat, PSIS menang 5-2 atas rivalnya. Mereka menang agregat 7-2 karena di pertandingan pertama unggul 2-0

“Jadwal undian memang tidak harus menunggu semua pertandingan 32 Besar selesai. Sedangkan babak 16 Besar bisa dimulai dari tanggal 15 Februari,” kata Marsal Irwan.

Undian Babak 16 Besar Piala Indonesia

Zona Barat

Bhayangkara FC vs PSIS Semarang

Madura United vs Sriwijaya FC

Persib Bandung atau Persiwa vs Arema FC

PS Tira-Persikabo vs Persija Jakarta

Zona Timur

Borneo FC vs PSS Sleman

Persipura Jayapura atau Persidago vs Persebaya Surabaya atau Persinga Ngawi

PSM Makassar vs Perseru Serui

Persela Lamongan vs Bali United