Gelandang serang asal Montenegro Balsa Radovic disebut-sebut menjadi salah satu pemain asing yang ditawarkan ke PSS Sleman. Dirinya pernah bermain untuk tim nasional Montenegro U-21. (foto: FK Lovcen)

OLENAS.IDPSS Sleman dinilai telat dalam perekrutan pemain asing. Jangan salah. PSS justru lebih banyak melakukan pergerakan secara diam-diam. Meski tidak seheboh klub-klub Liga 1, namun PSS sudah menjajaki kemungkinan merekrut legiun asing yang diharapkan bisa mengangkat performa tim.

Tak sedikit pemain yang ditawarkan ke juara Liga 2. Di antaranya gelandang serang asal Brasil Joao Paulo de Assis Penha yang terakhir kali bermain di klub kasta kedua, Sampaio Correa.

Selain itu ada Julian Guevara Munoz, gelandang bertahan asal Kolombia. Pemain berusia 26 ini pernah bermain di Eropa dengan memperkuat klub-klub Finlandia dan Malta.

Terakhir, gelandang serang asal Montenegro yang termasuk ‘hot’, Balsa Radovic. Dirinya pernah memperkuat tim nasional U-19 dan U-21. Dalam kariernya di liga domestik, Balsa Radovic yang berusia 28 ini sempat membela FK Lovcen.

Seperti diketahui ada beberapa pemain Lovcen yang kini berada di Indonesia, yaitu Miljan Radovic dan Srdan Lopicic. Kebetulan lagi, keduanya sama-sama di Persib Bandung. Miljan Radovic tak lain pelatih Persib dan Lopicic merupakan rekrutan anyar Maung Bandung.

Balsa Radovic pernah memenangi Piala Montenegro bersama Lovcen pada 2014. Pada musim yang sama, Lovcen diantarnya menduduki runner up liga. Sukses itu menjadikan Lovcen mencicipi kompetisi Eropa. Sayangnya di kualifikasi babak pertama Europa League, Lovcen sudah tersingkir.

Bila Balsa Radovic bergabung dengan PSS, kompetisi Liga 1 bakal kian semarak dengan kehadiran pemain dari negara eks Eropa Timur. Menariknya, hampir semua pemain dari negara tersebut meraih sukses di Indonesia.

Terakhir, striker Aleksandar Rakic yang baru bermain di Indonesia dengan memperkuat PS Tira langsung menjadi top scorer liga. Kini, dirinya membela klub elite Madura United.

Hanya rencana perekrutan pemain asing PSS belum dalam tahap awal. Manajer Retno Sukmawati menuturkan pihaknya masih melakukan penjajakan, termasuk pemain asal Brasil maupun Korea Selatan.

“Belum ada yang akan direkrut. Semua masih dalam negosiasi, termasuk pemain dari Brasil dan Korea Selatan. Yang jelas, mereka belum pernah bermain di Indonesia,” tutur Retno.