Gelandang Witan Sulaiman (tengah) menjadi andalan tim nasional U-22 yang akan berlaga di Piala AFF U-22 di Kamboja mulai Minggu (17/2/2019). (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Pemain terbaik pilihan pelatih tim nasional U-22 Indra Sjafri akhirnya ditetapkan. Ada 23 pemain yang mengisi skuat Merah Putih yang akan berlaga di Piala AFF U-22 di Kamboja, 17-26 Februari 2019.

Para pemain yang dipilih Indra Sjafri memang yang terbaik. Meski masih berusia muda, namun mereka sudah sarat pengalaman dan jam terbang pertandingan. Bahkan di kompetisi kasta tertinggi, Liga 1, Bagas Adi Nugroho dkk rata-rata sudah menjadi pilar klub.

Tak hanya itu. Mereka sudah ditempa bersama di timnas sejak usia muda. Kiper Awan Setho merupakan pilar timnas U-19. Begitu pula duet Bagas dan Andi Setyo Nugroho sudah saling bahu-membahu di lini pertahanan timnas U-19.

Di lini itu juga ada Asnawi Mangkualam Bahar (PSM Makassar) dan Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya). Ini menunjukkan bila sektor pertahanan timnas U-22 bakal sangat solid.

Pelatih timnas U-22 Indra Sjafri menetapkan 23 pemain terbaik yang akan berlaga di Piala AFF U-22 di Kamboja, 17-26 Februari 2019. Kita dukung timnas U-22. (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

Pelatih Indra juga beruntung memiliki stok pemain tengah yang berlimpah. Selain Hanif Sjahbandi (Arema FC), ada Todd Rivaldo Ferre (Persipura Jayapura) dan Osvaldo Haay (Persebaya Surabaya).

Begitu pula di depan, striker Marinus Wanewar yang makin matang di Persipura Jayapura. Sedangkan Dimas Drajad juga menjadi andalan PS Tira Persikabo. Keduanya pun sudah dimatangkan sejak yunior.

“Bismillah, kami membawa 23 pemain ke Piala AFF U-22 di Kamboja,” kata Indra seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Ditegaskan oleh eks pelatih Bali United ini, “Pemain yang terpilih berdasarkan kualitas serta kebutuhan tim. Perkembangan dan pemilihan pemain kami lakukan dari awal pemusatan latihan hingga saat tiga kali uji coba.”

Menurut rencana, tim berangkat ke Kamboja pada Jumat (15/2//2019). Sebelum ke Kamboja, mereka masih akan menjalani dua sesi latihan pada Kamis (14/2/2019) pagi dan sore.

“Kami akan matangkan taktik dan strategi permainan di latihan Kamis. Yang jelas anak-anak sudah menunjukkan perkembangan dan perbaikan,” ujar Indra yang sukses membawa timnas U-19 juara Piala AFF U-19 pada 2013.

“Saya berharap tim sudah mencapai performa terbaik di Piala AFF U-22,” ujar Indra.

Indonesia yang bergabung di Grup B akan bersaing dengan Myanmar, Malaysia dan tuan rumah Kamboja. Indonesia melakoni laga pertama penyisihan grup B menghadapi Myanmar pada Senin (18/2/2019).

23 pemain Timnas U-22 di Piala AFF U-22

kiper: Awan Setho Raharjo (Bhayangkara FC), Satria Tama Hardiyanto (Madura United), Muhamad Riyandi (Barito Putera); belakang: Asnawi Mangkualam Bahar (PSM Makassar), Fredyan Wahyu (PSMS Medan), Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya), Nurhidayat Haji Haris (Bhayangkara FC), Andy Setyo Nugroho (PS Tira Persikabo), Bagas Adi (Bhayangkara FC), Firza Andika (AFC Tubize), Samuel Christianson (Sriwijaya FC); tengah: I Kadek Agung Widnyana (Bali United), Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah (Mitra Kukar), Hanif Sjahbandi (Arema FC), Muhammad Rafi Syaharil (Barito Putera), Gian Zola Nasrulloh Nugraha (Persib Bandung), Sani Rizki Fauzi (Bhayangkara FC), Witan Sulaiman (SKO Ragunan), Fulgensius Billy Keraf (Borneo FC), Todd Rivaldo Ferre (Persipura Jayapura), Osvaldo Haay (Persebaya Surabaya); depan: Marinus Wanewar (Persipura Jayapura), Dimas Drajad (PS Tira Persikabo)