Persib Bandung tak terpengaruh dengan perubahan jadwal pertandingan Piala Indonesia melawan Arema FC. Laga itu diundur menjadi Senin (18/2/2019). (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Pelatih asing yang sudah lama berkiprah di sepak bola nasional sudah tidak merasa aneh atau terkejut dengan kultur Indonesia yang dengan gampang mengubah jadwal pertandingan. Hal itu disampaikan pelatih Persib Bandung asal Montenegro, Miljan Radovic, saat menanggapi perubahan jadwal pertandingan pertama babak 16 Besar Piala Indonesia melawan Arema FC.

Laga itu semula dijadwalkan pada Jumat (15/2/2019). Sebagai tuan rumah, Persib menggelar pertandingan babak 16 Besar itu di Stadion Si Jalak Harupat.

Namun PSSI sebagai operator Piala Indonesia mengubah jadwal menjadi Senin (18/2/2019). Sedangkan laga kedua digelar di kandang Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (22/2/2019).

Radovic tak terlalu terkejut dengan perubahan itu. Menurutnya jadwal pertandingan sepak bola di Indonesia yang kerap berubah dianggap sebagai hal yang biasa. Dia pun tidak merasa aneh lagi dengan perubahan seperti itu.

Radovic mengaku sudah hafal dengan ketidakkonsistenan jadwal pertandingan. Jadi, pelatih harus bisa beradaptasi dengan kondisi perubahan jadwal yang tidak jarang disampaikan secara mendadak.

“Ini sudah biasa. Jadi, kita memang harus selalu beradaptasi. Kami juga tak masalah bila diundur,” kata Radovic.

Diundurnya laga tersebut justru memberi keuntungan bagi Persib. Dirinya bisa mempersiapkan tim lebih baik. Kondisi fisik Febri Hariyadi dkk juga lebih baik usai melakoni pertandingan melawan Persiwa Wamena di di laga kedua babak 32 Besar, Senin lalu.

“Mundurnya jadwal tentu hal yang bagus untuk recovery pemain. Kami juga tetap menjalani latihan. Ini hal yang bagus bagi tim. Pasalnya kami tetap butuh 15 hari agar pemain dalam kondisi terbaik lagi. Tetapi kami tetap sudah siap melawan Arema,” ujarnya.

Sebelumnya, Persib juga terpaksa mengubah jadwal pertandingan melawan Persiwa. Perubahan jadwal dilakukan karena Persib tidak mendapat izin menggelar pertandingan.

Di laga melawan Persiwa yang terdegradasi ke Liga 3, Persib menang besar 7-0. Mereka juga unggul agregat 7-0 karena di pertemuan pertama di Cilacap, kedua tim bermain imbang 0-0.