Piala Presiden kembali digelar dengan diikuti 20 klub Liga 1 dan Liga 2. PSS Sleman menjadi tuan rumah di Grup D. Mereka bersaing dengan juara Liga 1 Persija Jakarta, Borneo FC dan Madura FC. Tampak PSS di pertandingan Piala Indonesia. (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)


OLENAS.ID – Juara Liga 2 akan menjajal jawara Liga 1 di Piala Presiden 2019. Ya, PSS Sleman telah mengukir prestasi dengan menjadi juara Liga 2 sekaligus promosi ke Liga 1. Dan mereka akan menguji kemampuan menghadapi tim-tim Liga 1 di turnamen pembuka kompetisi.

Menariknya, dari hasil undian Piala Presiden, Minggu (17/2/2019), PSS akan bertemu juara Liga 1, Persija Jakarta, di penyisihan grup. Selain menyandang jawara dari kasta tertinggi, Macan Kemayoran juga merupakan juara bertahan Piala Presiden.

Kedua tim berada di Grup D yang digelar di kandang PSS di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Selain itu, mereka bersaing dengan Madura United dan Borneo FC yang menjadi lawan PSS di babak 16 Besar Piala Indonesia.

Hasil undian itu jelas tak mudah bagi PSS karena mereka menghadapi raksasa Liga 1. Tidak hanya Persija yang sudah melakukan pemanasan dengan berlaga di kualifikasi Liga Champions Asia.

Sementara, Madura United memiliki skuat super. Bahkan dengan skuat yang dimiliki, Madura United digadang-gadang juara baru. Begitu pula Borneo FC yang membidik Asia di musim mendatang. Ini berarti Borneo FC membidik papan atas di kompetisi musim ini.

Turnamen pramusim Piala Presiden 2019 digelar pada 2 Maret-12 April 2019. Sebanyak lima kota ditunjuk sebagai tuan rumah yaitu, . Turnamen diikuti 20 klub terbaik di Indonesia, 18 dari klub Liga 1 dan dua klub Liga 2.

Persaingan menarik juga tersaji di Grup A yang mempertemukan Persebaya Surabaya dan Persib Bandung. Mereka bersaing dengan Perseru Serui dan tim yang berpindah-pindah, TIRA-Persikabo. Grup tersebut digelar di Bandung dengan Persib sebagai tuan rumah.

Di Grup B dimainkan di Bekasi dengan Bhayangkara FC bertindak sebagai tuan rumah. Sedangkan Grup C digelar di Magelang dan yang bertindak sebagai tuan rumah adalah PSIS Semarang. Di Grup E yang digelar di Malang, Arema FC akan bertindak sebagai tuan rumah.

Setelah menyelesaikan penyisihan grup, delapan tim sebagai juara dan runner up akan berlaga di 8 Besar. Di babak itu akan memakai sistem satu kali pertandingan. Tim yang di posisi terbaik yang menjadi tuan rumah.

Sebaliknya di babak semifinal dan final akan memakai sistem kandang dan tandang (home and away). Tahun lalu, pertandingan final hanya sekali digelar.

Berikut hasil undian

Grup A: Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Perseru Serui, TIRA-Persikabo

Grup B: Bhayangkara FC, Semen Padang, Bali United, Mitra Kukar

Grup C: PSIS Semarang, PSM Makassar, Persipura Jayapura, Kalteng Putra

Grup D: PSS Sleman, Persija Jakarta, Madura United, Borneo FC

Grup E: Arema FC, Persela Lamongan, Persita Tangerang, Barito Putera

Artikulli paraprakJuara Final Four Jadi Penyemangat Tim Ini Menuju Grand Final
Artikulli tjetërTersingkir di LCA, Persija Jakarta Imbang di Piala Indonesia