Persija Jakarta menyingkirkan PS Tira Persikabo setelah menang 2-0 di laga kedua babak 16 Besar Piala Indonesia, Kamis (21/2/2019). Persija pun lolos ke 8 Besar. (foto: detik.com)

OLENAS.IDPersija Jakarta meraih tiket ke 8 Besar Piala Indonesia. Kemenangan 2-0 atas PS Tira Persikabo di pertandingan kedua babak 16 Besar di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Kamis (21/2/2019), mengantarkan Persija menjadi tim keempat yang melaju ke 8 Besar setelah Borneo FC, PSM Makassar dan Madura FC.

Kemenangan itu menjadikan Persija unggul agregat 4-2. Pasalnya pada laga pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (17/2/2019), kedua tim bermain imbang 2-2.

Di laga kedua itu, Persija yang bertindak sebagai tuan tumah menunjukkan dominasinya. Tim langsung mencetak gol melalui Fitra Ridwan saat pertandingan baru berjalan tiga menit.  Dirinya mampu menyelesaikan tendangan bebas Ismed Sofyan.

Di babak kedua, Persija kembali mencetak gol melalui Ryuji Utomo. Sundulannya di menit 73 memantapkan keunggulan Macan kemayoran.

Keberhasilan Persija melaju ke babak 8 Besar menjadikan pelatih Ivan Kolev merasa puas. Namun mantan pelatih tim nasional ini lebih menyoroti performa Persija yang kian menanjak sejak berlaga di kualifikasi Liga Champions Asia.

“Saya puas dengan penampilan tim. Kami bekerja keras dan menciptakan beberapa peluang yang kemudian membuahkan gol. Saya senang bukan karena hasil tetapi penampilan tim,” kata Kolev.

“Penampilan tim makin meningkat sejak berlaga di Singapura dan Australia di Liga Champions Asia. Ini tentu hal yang menggembirakan. Saya tahu pemain mengalami kelelahan, tetapi mereka tetap bisa bermain bagus,” ungkapnya.

Kolev juga tak segan memuji penampilan eks tim asuhannya, PS Tira Persikabo. Menurut dia, tim lawan mampu menyulitkan Persija.

“PS Tira tetap tim yang bagus. Komposisi pemain dan gaya bermain mereka sangat bagus. Harus diakui tak mudah menghadapi mereka,” ujar pelatih asal Bulgaria ini.

Sementara, asisten pelatih PS Tira Persikabo, Francis Wawengkang mengakui keunggulan Persija. Dia menilai tim langsung kehilangan fokus akibat gol cepat Persija.

“Kami mengakui keunggulan Persija. Kami sudah hilang fokus sejak menit awal karena gol cepat Persija,” kata Francis.

Belum diketahui siapa lawan Persija di 8 Besar. Pasalnya PSSI kembali melakukan undian untuk babak tersebut. Yang jelas di 8 Besar atau perempat final ini sudah tidak ada zonasi lagi. Ini berarti Persija bisa bertemu tim mana pun.

Pertandingan Lain di Babak 16 Besar Piala Indonesia

Jumat (22/02/2019)

Arema FC vs Persib Bandung, Bali United vs Persela Lamongan

Minggu (24/02/2019)

PSIS Semarang vs Bhayangkara FC