PSS Sleman dikabarkan hendak merekrut gelandang serang asal Argentina, Brian Federico Ferreira. Pemain tersebut pernah membela timnas Argentina U-17 di Piala Dunia U-17 2011. Namun dirinya memegang paspor Irak sehingga bisa berstatus pemain Asia yang direkrut PSS. (foto: istimewa)

OLENAS.ID – Hendak datang, batal dan akhirnya datang juga. Begitulah gelandang serang asal Argentina Brian Federico Ferreira yang menjadi target PSS Sleman.

Jawara Liga 2 ini sempat diisukan memboyong Ferreira yang masih berusia 24 ini. Kualitas pemain tersebut tak diragukan untuk bermain di kompetisi dengan level Liga 1 Indonesia ini. Bagaimana tidak, alumni tim yunior Velez Sarfield ini pernah disebut-sebut sebagai salah satu bintang masa depan Argentina.

Velez Sarfield sendiri merupakan salah satu klub papan atas Argentina. Bahkan saat ke level senior, Ferreira sempat mencicipi Copa Libertadores. Dirinya bermain di lima pertandingan Libertadores dan menyumbang satu gol.

Ferreira juga sempat masuk tim nasional Argentina U-17 dan berlaga di Piala Dunia U-17 2011. Di turnamen itu, dirinya mencetak gol indah saat Argentina dikalahkan Jepang 1-3. Argentina sendiri hanya bertahan sampai babak 16 Besar sebelum disingkirkan Inggris.

PSS sesungguhnya sudah lama ditawari Ferreira. Hanya rencana perekrutan tersebut tidak kunjung terealisir. Akibatnya, Ferreira yang pernah bermain di Malaysia dengan memperkuat Johor Darul Ta’zim FC ini justru terbang ke Mesir.

Ya, Ferreira bergabung dengan klub Liga Premier Mesir, ENPPI SC, pada Januari 2019. Dia direkrut dari Coquimbo Unido, klub asal Cile yang terakhir kali diperkuat Ferreira.

Hanya beberapa pekan di Mesir, dia malah dilepas ENPPI. Klub yang disponsori perusahaan minyak ENPPI itu mengumumkan pihaknya gagal mencapai kesepakatan dengan Ferreira. Dirinya dilepas sebelum didaftarkan oleh klub. Praktis, dia belum sempat bermain di Liga Premier.

Meninggalkan Mesir, dirinya kemudian menuju Indonesia. PSS akhirnya menjadi tempat berlabuh Ferreira dan akan menjadi andalan di kompetisi Liga 1 2019. Informasinya, dia sudah tiba di Sleman pada Senin (25/2/2019) malam. Namun pemain yang pernah bergabung dengan salah satu klub besar Argentina, Independiente ini belum bisa langsung berlatih dengan tim.

“Dia masih jet lag karena melakukan perjalanan yang cukup jauh. Jadi, Ferreira masih belum bisa latihan. Dia diperkirakan menjalani latihan perdana pada Rabu (27/2/2019),” kata Yohannes, humas PT PSS.

Humas juga mengonfirmasikan bila skuat PSS bakal komplet di akhir bulan Februari ini. Dengan demikian, tim sudah fokus melakukan persiapan mulai Maret.

“Yang pasti, skuat sudah komplet akhir bulan ini. Pemain asing yang melengkapi kekurangan tim di sejumlah posisi masih dinegosiasikan.

Ferreira sendiri meski pernah memperkuat timnas Argentina, namun dirinya juga memegang paspor Irak. Saat bermain di Malaysia pada 2017, dia didaftarkan sebagai pemain Asia. Dengan demikian, Johor Darul Ta’zim FC bisa mendaftarkan empat pemain asing, termasuk Ferreira, sebagai pemain Asia. Pemain yang mendapat julukan the Apache Assassin di Malaysia ini pun bisa memperkuat timnas senior Irak.