Program seleksi pemain yang kemudian disalurkan ke klub-klub dilakukan oleh Edy Bola Sport (EBS). Rencananya, seleksi digelar di Klaten pada 2-3 Maret 2019. (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Bagi pemain muda yang tidak memiliki jaringan atau mendapat kesempatan mengikuti seleksi di sebuah klub sepak bola, mereka bisa mengikuti program pendek dari Edy Bola Sport (EBS).

EBS berencana mengumpulkan pemain muda untuk menjalani pemusatan latihan dan kemudian disalurkan ke klub. Menurut Edy Misdianto, pengelola EBS, pihaknya mengundang pemain dengan kelahiran maksimal 1 Januari 1997 untuk mengikuti seleksi terbuka. Selanjutnya, mereka yang lolos seleksi disalurkan untuk memperkuat tim U-22 dan U-18 dari klub Liga 1. Selain itu mereka disalurkan ke klub Liga 2 maupun Liga 3.

Edy menjelaskan seleksi dilaksanakan di Klaten, Jawa Tengah. Tepatnya seleksi digelar di Lapangan KONI, Kecamatan Karangnongko, Klaten, pada Sabtu (2/3/2019) dan Minggu (3/3/2019).

“Kami membatasi usia sampai kelahiran 1 Januari 1997 karena batas usia pemain untuk tim Liga 3 adalah 22 tahun. Mereka juga bisa disalurkan ke tim U-22 yang dimiliki klub-klub Liga 1. Jadi, persyaratan bagi mereka yang mengikuti seleksi memang ketat,” kata Edy.

Menurutnya pemain yang mengikuti seleksi harus memiliki skill bermain bola yang diasah di Sekolah Sepak Bola (SSB) dan akademi sepak bola. Tak hanya itu, pemain juga pernah bermain di kejuaraan daerah atau nasional.

“Jadi, pemain yang pernah memperkuat klub tertentu dan bermain di kompetisi lokal atau nasional akan memberi nilai lebih. Pasalnya dia punya jam terbang pertandingan yang lumayan tinggi,” ujarnya.

Mantan bek asal Cile, Patricio Jimenez Diaz akan menyeleksi pemain yang direkrut Edy Bola Sport. Seleksi dilaksanakan di Klaten. (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

Tidak tanggung-tanggung, seleksi ditangani langsung oleh duet Sonny Kurniawan dan Patricio Jimenez Diaz, eks pemain belakang asal Cile yang sudah malang-melintang di Liga Indonesia. Sejak pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia dengan memperkuat Semen Padang pada 2004, libero yang akrab disapa Pato ini pernah bermain di klub-klub besar seperti Sriwijaya FC, Persib Bandung, PSMS Medan sampai PSIS Semarang sebelum pensiun dan menetap di Indonesia.

Kehadiran EBS memang mempertemukan kebutuhan klub dan pemain. Biar bagaimana pun, klub tetap membutuhkan pemain dari luar untuk melengkapi skuat. Sebaliknya pemain juga bisa tersalurkan karena dirinya mungkin tidak memiliki link ke klub atau pelatih untuk mengikuti seleksi.

Pemain yang ingin mendaftarkan diri secara online dengan mengirim pesan melalui WA ke nomor 082242019540 (atas nama Dede Suhendar). Atau menghubungi langsung ke nomor 082138434445.

Biaya pendaftaran peserta sebesar Rp300 ribu. Pemain akan mendapat jersey dan penginapan. “Dan yang penting mereka harus mendapat izin dari orangtua,” pungkasnya.