Bek asal Spanyol Alfonso de la Cruz Calero berharap ingin lama bermain di Indonesia seperti Cristian Gonzales. (foto: OLenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Lini belakang PSS Sleman akan dibentengi bek asal Spanyol, Alfonso de la Cruz Calero. Pemain yang terakhir kali bermain di klub Malaysia, Selangor FA bersama Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn ini dikontrak selama satu musim oleh PSS.

Selain Alfonso, PSS juga mendatangkan gelandang serang asal Argentina, Brian Ferreira. Keduanya sudah mencapai kesepakatan dengan PSS. Hal itu disampaikan CEO PT Putra Sleman Sembada, Soekeno.

“Brian sudah mencapai kesepakatan kontrak selama satu musim. Selanjutnya Alfonso juga hampir dipastikan sudah deal,” ujar Soekeno di Sleman, Rabu (27/2/2019).

Bila Ferreira baru tiba di Sleman, sebaliknya Alfonso sudah menjalani latihan bersama PSS sejak pekan lalu. Dirinya pun antusias bermain di Liga 1 Indonesia. Bahkan peman berusia 32 ini menolak tawaran klub Malaysia karena ingin menjajal kompetisi di Indonesia.

“Saya sesungguhnya sudah mendapat tawaran dari klub Malaysia. Namun saya menolak karena ingin bermain di Indonesia. Di sini, saya mendapatkan kontrak satu musim. Hanya, saya berharap bisa bermain di Indonesia selama empat atau lima tahun,” tutur Alfonso.

“Saat tiba di Indonesia, saya langsung menghubungi Evan Dimas. Dia mengucapkan selamat datang pada saya. Menurut saya, Dimas pemain bagus,” kata Alfonso yang bersama Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn, membawa Selangor FA menjadi runner up Piala FA Malaysia.

Sebelum pindah ke Malaysia, Alfonso pernah bermain di klub-klub Divisi Dua B Spanyol. Dirinya juga pernah bermain di Valencia B atau disebut juga Valencia FC Mestalla. Tim tersebut merupakan tim reserve Valencia FC yang berkompetisi di La Liga Spanyol. Di klub tersebut, Alfonso pernah bermain bersama bintang Manchester City, David Silva.

“Saya bermain dengan David Silva di Valencia B. Saya hanya sebentar di Valencia B karena dipinjamkan ke klub lain dan kemudian memperkuat Almeria B. Sedangkan Silva ke tim senior,” ujarnya lagi.

Berbeda dengan di Inggris, pemain dari tim reserve Spanyol tidak bisa bermain di kasta tertinggi. Mereka memiliki kompetisi sendiri bersama tim reserve lain.

Sedangkan Ferreira belum menjalani latihan karena baru tiba di Sleman pada Selasa (26/2/2019) dini hari. Eks pemain Johor Darul Ta’zim tersebut telah disambut jajaran Direksi PT PSS bersama Alfonso dalam acara santap malam di Hotel Rich, Yogyakarta, Selasa (26/2/2019).