Eks striker timnas Ukraina U-21, Yevhen Bokhashvili, masih menjadi teka-teki di PSS Sleman. Dirinya belum menandatangani kontrak dengan tim promosi itu. (foto: Humas PT PSS)

OLENAS.ID – Tidak ada Cristian Gonzales, tetapi PSS Sleman sudah memiliki penggantinya. Ya, striker Yevhen Bokhashvili yang diharapkan bisa menjadi pengganti Gonzales. Dirinya bakal diposisikan sebagai andalan lini depan PSS di kompetisi Liga 1 2019.

Menariknya, seperti Alfonso de la Cruz dan Brian Ferreira, dua pemain asing yang sudah berlabuh di PSS, Bokhashvili juga merupakan debutan di Liga Indonesia. Berbeda dengan Alfonso dan Ferreira yang pernah bermain di Malaysia yang memiliki iklim seperti di Indonesia, sebaliknya Bokhashvili belum pernah meninggalkan Eropa Timur.

Sejak berkarier di salah satu klub papan atas Ukraina, Dnipro Dnipropetrovsk, Bokhashvili lebih banyak bermain di klub-klub pecahan negara Uni Soviet seperti di Belarusia dan Georgia. Terakhir, striker berusia 26 ini membela klub Belarusia, FC Minsk.

Tampaknya Bokhashvili bakal butuh waktu untuk beradaptasi dengan iklim tropis di Indonesia. Dan, bila bergabung dengan PSS, Bokhashvili menjadi pemain Ukraina pertama yang mencicipi kompetisi di Indonesia.

Sejauh ini Liga Indonesia sudah diserbu pemain Eropa Timur seperti Serbia, Montenegro dan Kroasia. Bahkan Ilija Spasojevic yang berasal dari Montenegro sudah dinaturalisasi dan kini menjadi warga negara Indonesia. Sebelumnya, pemain Rusia juga pernah mencicipi kompetisi domestik saat Sergei Litvinov bermain di Liga Prima Indonesia (LPI).

“Kami segera mengikat Bokhashvili dengan kontrak satu musim. Kehadiran dia dan dua pemain lainnya menjadi jawaban tentang pemain asing yang akan memperkuat tim di kompetisi Liga 1,” kata Soekeno, CEO PT Putra Sleman Sembada yang menaungi PSS.

Bokhashvili diharapkan memiliki kualitas untuk menjadi mesin gol Laskar Elang Jawa. Apalagi usianya terhitung masih muda. Dengan postur tubuhnya yang tinggi, 185 cm, dan ditopang sayap-sayap Elang Jawa, dirinya bisa menjadi andalan di lini depan. Apalagi Bokhashvili pernah masuk skuat nasional Ukraina sejak U-17. Dirinya juga masih memperkuat timnas U-21 pada 2013.  

Bila sudah memiliki tiga pemain asing, PSS hanya perlu menambah satu pemain lagi dari Asia. Pasalnya Alfonso berpaspor Spanyol dan Ferreira berasal dari Argentina. Hanya eks pemain timnas Argentina U-17 ini juga berpaspor Irak.

Tidak menutup kemungkinan Ferreira didaftarkan sebagai pemain Asia dan PSS mengincar satu pemain lagi dari Eropa, Afrika atau Amerika Selatan. Namun Ferreira tampaknya bakal didaftarkan sebagai pemain Amerika Selatan. Pasalnya, PSS dikabarkan tengah membidik bek asal Korea Selatan.

PSS yang berstatus tim promosi tampaknya memilih mendatangkan pemain yang benar-benar fresh dan belum pernah bermain di Indonesia. Ini sesuai harapan pelatih Seto Nurdiantara yang lebih menginginkan pemain yang belum pernah berkompetisi di Liga Indonesia.