Pelatih Persija Jakarta Ivan Kolev (kiri) mengungkapkan pemainnya harus melakoni banyak pertandingan daalam satu bulan. Diakuinya ini menjadi kendala Persija saat berlaga di Piala Presiden 2019. (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.IDPersija Jakarta menjadi tim paling sibuk saat menghadapi Borneo FC di Piala Presiden 2019. Setelah merengkuh trofi Liga 1, Persija tak sempat beristirahat karena langsung melakoni banyak pertandingan.

Saat tim-tim lain di Liga 1 masih disibukkan dengan persiapan dan perekrutan pemain sebelum berlaga di Piala Presiden, Persija sudah harus bertanding di kualifikasi Liga Champions Asia. Repotnya, mereka dua kali bertanding di babak kualifikasi di kandang lawan. Setelah terbang ke Singapura untuk menyingkirkan Home United, tim asuhan Ivan Kolev ke Australia. Kali ini, mereka menantang Newcastle Jets. Sayangnya, Persija kalah 1-3 lewat perpanjangan waktu.

Tersingkir di kualifikasi Liga Champios Asia bukan berarti Persija berleha-leha. Mereka kembali bertarung di Piala AFC. Di sela Piala AFC, Macan Kemayoran berlaga di Piala Indonesia. Dan, kini Persija berada di Sleman untuk melakoni penyisihan Grup D Piala Presiden.

Praktis dalam satu bulan usai mengakhiri kompetisi Liga 1, Persija sudah melakoni tujuh pertandingan. Diawali Piala Indonesia melawan 757 Kepri Jaya di akhir Januari 2019, mereka kemudian bertarung di Piala Presiden.

Di laga pertama di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (5/3/2019), Persija bertemu lawan tangguh, Borneo FC. Persoalannya, fokus mereka terbelah karena juga melakoni laga Piala AFC.

“Kami  menghadapai situasi tidak bagus. Kami menjalani banyak pertandingan. Dan di Piala Presiden, kami pun menghadapi pertandingan yang tidak mudah. Borneo FC tim yang bagus. Ini akan menjadi pertandingan yang berat. Meski demikian, pemain sudah siap menghadapi Borneo FC,” ucap Kolev.

Mantan pelatih tim nasional ini tak mempersoalkan kekuatan lawan. Menurutnya tim fokus pada diri sendiri.

“Kami fokus pada diri sendiri. Yang jelas, semua pemain sudah siap diturunkan,” jawabnya.

Laga Penting

Borneo FC pun berharap memetik kemenangan pertama di laga ini. Pelatih Fabio Lopez menyebutnya sebagai laga yang penting.

“Kami akan menghadapi juara Liga 1. Ini tentu pertandingan yang penting dan kami harus memenangkannya,” kata Lopez.

“Hanya tidak ada persiapan khusus menghadapi Persija. Tak ada pemain yang perlu mendapat pengawalan khusus di laga ini. Yang jelas, kedua tim memiliki komposisi yang berbeda dibandingkan sebelumnya. Jadi, kami juga ingin mendapatkan hasil yang berbeda pula,” ujar pelatih asal Italia ini.

Borneo FC kembali ke Sleman setelah menghadapi PSS Sleman di Piala Indonesia. Saat itu, kedua tim bermain imbang 0-0 dan Borneo FC yang lolos ke 8 Besar karena unggul agregat 1-0.