Persija Jakarta akan menghadapi PSS Sleman di laga terakhir Grup D Piala Presiden 2019 di Stadio Maguwoharjo, Sleman, Jumat (15/3/2019). Persija hanya butuh imbang untuk lolos ke 8 Besar. (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Hanya kemenangan yang bisa mengantarkan PSS Sleman ke 8 Besar Piala Presiden 2019. Itu pun masih bergantung pada hasil pertandingan lain. Dan, PSS harus menghadapi lawan tangguh, Persija Jakarta yang tengah on fire.

Dalam duel terakhir Grup D di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (15/3/2019), PSS mencoba menghadang laju Persija. Bila menang, PSS yang saat ini memiliki poin tiga, membuka peluang melenggang ke babak berikutnya.

Sebaliknya Persija juga membutuhkan kemenangan untuk menjaga peluang lolos ke 8 Besar. Dengan mengantungi poin empat, Persija yang bertengger di puncak klasemen memang tinggal selangkah lagi memastikan meraih tiket ke 8 Besar.

“Kami masih punya peluang untuk lolos. Hanya, kami memang masih bergantung pada pertandingan lain bila menjadi runner up grup. Ini tentu merupakan pertandingan penting yang harus dimenangkan,” ucap pelatih PSS Seto Nurdiantara.

Kapten PSS Sleman Bagus Nirwanto di pertandingan Piala Presiden 2019. Untuk membuka peluang ke 8 Besar, PSS harus mengalahkan Persija Jakarta di laga terakhir di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (15/3/2019). (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

PSS memiliki modal bagus karena bermain di kandang sendiri. Dukungan suporter menjadikan Bagus Nirwanto dkk bermain dengan semangat tinggi seperti saat mengalahkan Borneo FC 2-0. Saat itu, PSS kembali didukung suporternya, Brigata Curva Sud (BCS) yang sempat memboikot pertandingan. Selain BCS, Laskar Super Elang Jawa juga mendapat dukungan dari suporter setianya, Slemania.

Hanya, Persija bukan lawan ringan bagi PSS. Materi pemain yang komplet menjadikan Persija di atas kertas sedikit diunggulkan. Apalagi mereka juga mendapat dukungan dari Jakmania, suporter fanatik Macan Kemayoran. Meski bermain di mana pun, Jakmania selalu memberi dukungan untuk tim kesayangan.

Persoalannya, Persija baru saja melakoni jadwal pertandingan yang padat. Bagaimana tidak, usai bermain imbang 2-2 melawan Madura FC, Jumat (8/3/2019), mereka langsung terbang ke Myanmar untuk melakoni laga di Piala AFC 2019. Di Myanmar, Selasa (12/3/2019), Persija sukses menaklukkan tuan rumah Shan United 3-1.

Dan hanya berselang tiga hari, Rohit Chand dkk sudah harus bertanding lagi di Piala Presiden untuk menghadapi PSS. Pelatih Ivan Kolev mengaku kerepotan meramu tim terbaik di tengah kondisi pemain yang kelelahan.

“Terus terang kami masih melihat kondisi terakhir pemain usai bermain di Myanmar. Ini problem saya bagaimana menetapkan pemain yang diturunkan,” kata Kolev.