Striker Persija Jakarta Silvio Benitez Escobar pernah menyatakan keinginannya bergabung dengan PSS Sleman. Namun, pemain asal Paraguay ini memilih bergabung dengan Persija. (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – “Hi, teman. Kita segera bertemu di Sleman.” Demikian disampaikan striker Paraguay Silvio Escobar Benitez saat dihubungi OLENAS.ID. Saat itu, Escobar santer dikabar hendak merapat ke PSS Sleman.

Mantan penyerang Perseru Serui itu diharapkan bakal mengisi slot lini depan Super Elang Jawa. Namun harapan PSS memboyong Escobar pupus. Pemain yang mengawali karier di Indonesia dengan memperkuat Persepam Madura United pada 2015 ini memilih menerima tawaran Persija Jakarta.

Menurut Escobar bukan perkara sulit untuk menerima tawaran klub sebesar Persija. Meski demikian, dia sebelumnya berminat bergabung dengan PSS. Bahkan Escobar mengaku sempat menjalin kontak dengan beberapa pemain PSS.

Persoalannya, PSS memberlakukan sistem trial bagi pemain yang akan bergabung, tidak terkecuali pemain asing. Bila tidak lolos trial, mereka pun didepak. Ini yang membuat Escobar sempat ragu untuk menerima tawaran PSS.

“Saya harus menjalani trial lebih dulu. Bukankah pelatih atau siapa pun di PSS tahu bagaimana pencapaian saya bersama Perseru dan tim-tim sebelumnya. Bila harus trial, ini menyulitkan posisi saya,” kata Escobar.

“Menurut saya jarang sekali ada pemain asing yang harus melakukan trial di klub. Kecuali bila pemain ikut trial karena pelatih atau klub melihat kondisi medis dia. Bila saya cukup lama tidak bermain karena ada masalah dengan medis atau cedera panjang, tentu saya bersedia mengikuti trial. Pasalnya, pelatih atau tim tentu ingin tahu kondisi kesehatan saya. Persoalannya, saya selalu bermain di Liga 1 di musim lalu. Saya juga dalam kondisi bagus,” tuturnya.

Apa yang disampaikan Escobar terkait pemain asing yang tetap harus diuji karena problem cedera panjang pernah dialami Alberto Goncalves. Penyerang asal Brasil ini sempat menjadi andalan di lini depan Persipura Jayapura sebelum dihantam cedera panjang pada 2010. Dirinya pun pulang ke Brasil untuk memulihkan cederanya.

Saat kembali ke Indonesia, striker yang akrab disapa Beto ini memperkuat Persijap Jepara. Di Persijap, dirinya pun diharuskan trial oleh pelatih Suimin Diharja. Saat itu, Suimin mengungkapkan bila Beto menjalani trial untuk dilihat kondisi medisnya setelah lama tak bermain dan bukan karena kemampuannya.

Kebijakan PSS yang meminta pemain asing untuk trial yang mengurungkan niat Escobar ke Sleman. Kebetulan lagi dia ditawari klub yang bermarkas di Jakarta.

“Saya tinggal di Jakarta. Dan istri saya juga fan Persija. Jadi saya langsung mengiyakan saat Persija menghubungi saya,” ujarnya.

Saat Persija harus ke Sleman untuk melakoni Piala Presiden, Escobar akhirnya bersua dengan klub yang pernah mengincarnya. Saat dihubungi, dia pun berucap, “Hi, teman, kita pasti bertemu di Sleman.”

Artikulli paraprakPSS Sleman Coba Hadang Persija Jakarta
Artikulli tjetërTour de Jogja 2019, Asyiknya Bersepeda Sambil Berwisata