Tim nasional U-23 mengalami kekalahan telak karena tidak mampu keluar dari tekanan Thailand U-23 di pertandingan pertama kualifikasi Piala Asia U-23 di Hanoi, Vietnam, Jumat (22/3/2019). (foto: afc.com)

OLENAS.IDTim nasional U-23 mengalami kekalahan telak 0-4 dari Thailand U-23 di laga perdana Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 di Hanoi, Vietnam, Jumat (22/3/2019) lalu. Padahal bulan lalu dengan materi pemain yang tidak jauh berbeda di ajang yang berbeda di final Piala AFF U-22, Indonesia U-22 mengalahkan Thailand U-22 dengan skor 2-1.

Kekalahan besar itu menjadikan langkah Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 di Thailand kian berat. Apalagi, Vietnam yang menjadi lawan berikutnya sukses membantai Brunei Darusalam 6-0. Vietnam yang berstatus tuan rumh hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk lolos ke Thailand.

Pelatih Indra Sjafri mengaku timnas U-23 tidak mampu keluar dari tekanan Thailand sepanjang pertandingan. Mereka sama sekali tidak berdaya menghadapi permainan impresif lawan. Bahkan untuk mendekati gawang Thailand pun mereka tak bisa melakukannya.

Saat menguasai bola, pemain Thailand langsung memberi tekanan sehingga Egy Maulana Vikri dkk tak pernah mampu keluar dari situasi itu.

“Kami tidak bisa mengembangkan permainan dari babak pertama. Kami ditekan dan pemain tak bisa keluar dari tekanan. Jadi kami sepertinya lebih banyak bertahan,” kata Indra.

Strategi yang diterapkan dengan menginstruksikan gelandang serang untuk tetap berada di depan pun tidak bisa dilaksanakan.

“Kami sudah atur dari gelandang serang harus ke depan, tidak perlu ke belakang lagi. Saya pastikan akan ada perubahan saat melawan Vietnam,” ujarnya.

Nasib Indonesia ditentukan di laga melaawan Vietnam di Stadion My Dinh, Minggu (24/3/2019). Bila ingin menjaga peluang lolos ke Thailand, tim asuhan Indra Sjafri harus memenangkan laga itu, termasuk melawan Brunei di laga pamungkas.

Pasalnya hanya juara grup dan runner up terbaik yang lolos ke putaran final. Di grup itu, Thailand sudah pasti lolos karena berstatus tuan rumah Piala Asia U-23.