Striker timnas U-23 Marinus Wanewar menjadi tumpuan saat menghadapi Vietnam U-23 di pertandingan kualifikasi Piala Asia U-23 di Hanoi, Vietnam, Minggu (24/3/2019) malam. (foto: detik.com)

OLENAS.IDTim nasional U-23 mengusung misi tak mudah. Harus menang di laga penentuan melawan Vietnam U-23 di Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu (24/3/2019) malam ini. Repotnya, Vietnam berstatus tuan rumah yang sudah pasti mendapat dukungan penuh dari suporter.

Tak hanya itu, Vietnam kian percaya diri setelah membantai Brunei Darussalam 6-0. Sebaliknya, Garuda Muda harus menelan kekalahan memalukan 0-4 dari Thailand. Beban berat tentu ditanggung Marinus Wanewar dkk saat menghadapi tuan rumah.

Bila kalah lagi, peluang Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23 pun tertutup. Pasalnya hanya satu tim yang menjadi juara grup yang ke Thailand. Tim yang menduduki peringkat dua bisa lolos bila menjadi runner up terbaik.

Tidak ada pilihan bagi Indonesia kecuali memenangkan pertandingan bila ingin lolos ke putaran final. Itu menjadi syarat mutlak. Dan hanya satu yang harus diinstruksikan pelatih Indra Sjafri, timnas harus bermain ofensif.

Lupakan kekalahan telak dari Thailand. Dan, tim Merah Putih harus berani bermain terbuka. Pelatih Indra Sjafri pun bakal mengubah komposisi pemain. Ini didasarkan evaluasi dari pertandingan pertama.

“Kami sudah evaluasi dari pertandingan lawan Thailand. Tentu akan ada beberapa perubahan yang kami siapkan sehingga tim bisa mengantisipasi perlawanan Vietnam,” kata manajer timnas, AKBP Sumardji.

Di lini depan, trisula Witan Sulaeman, Marinus Wanewar dan Saddil Ramdani diharapkan bisa membombardir pertahanan Vietnam. Witan yang sebelumnya duduk di bangku cadangan kemungkinan menggantikan Osvaldo Haay.

Mereka ditopang trio Muhamad Luthfi Kamal, Hanif Sjahbandi dan Egy Maulana Vikri. Meski bermain menyerang, namun pertahanan tidak dilupakan. Dan, Hanif bisa berperan sebagai gelandang bertahan yang bisa membantu sektor belakang dan melapis serangan.

Lini pertahanan akan menjadi kunci. Duet Bagas Adi Nugroho dan Nurhidayat Haji Haris, bakal menjadi pilihan untuk menghentikan serangan Vietnam. Terpenting, Bagas tetap bisa menjaga emosi. Bek asal Sleman ini sebaiknya menghindari membuat kesalahan tak perlu yang justru malah berbuahkan kartu.

Prediksi Susunan Indonesia

kiper: Awan Setho Raharjo; belakang: Firza Andika, Bagas Adi Nugroho, Nurhidayat Haji Haris, Asnawi Mangkualam Bahar; tengah: Muhamad Luthfi Kamal, Hanif Sjahbandi, Egy Maulana Vikri; depan: Witan Sulaeman, Marinus Wanewar, Saddil Ramdani