Indonesia mengalahkan Myanmar dalam laga uji coba di Myanmar, Senin (25/3/2019). (foto: istimewa)

IOLENAS.ID – Debut manis pelatih tim nasional Simon McMenemy. Di laga pertamanya meski hanya uji coba, Indonesia mampu meraih kemenangan. Dalam pertandingan di Stadion Mandalarthiri, Mandalay, Myanmar, Senin (25/3/2019), tim Merah Putih menang 2-0 atas tuan rumah Myanmar.

Kemenangan itu disambut gembira oleh McMenemy. Hanya, pelatih asal Skotlandia ini menilai penyelesaian akhir timnas masih belum memenuhi ekspetasi. Menurut dia Indonesia memiliki banyak peluang yang seharusnya bisa membuahkan gol.

“Babak pertama berjalan sangat baik, kami mendominasi pertandingan dan menciptakan banyak peluang. Seharusnya kami bisa unggul tiga gol pada babak pertama,” ujar McMenemy yang mengakui penyelesaian akhir tim harus diperbaiki lagi.

“Penyelesaian akhir masih harus diperbaiki, tapi soal bentuk permainan dan pemahaman pemain soal apa yang harus mereka lakukan, sangat sangat bagus,” lanjutnya.

Duel diwarnai dengan dua penalti untuk Myanmar dan Indonesia. Bila Myanmar gagal menyelesaikan eksekusi penalti karena tepisan kiper Andritany Ardhyaksa, sebaliknya Indonesia bisa menuntaskannya.

Kemenangan Indonesia dibuka oleh Greg Nwokolo yang menyelesaikan umpan dari Stefano Lilipaly di menit 41. Hanya berselang dua menit, Myanmar berpeluang menyamakan skor setelah Manahati Lestusen melakukan pelanggaran di kotak penalti. Wasit menunjuk titik putih. Namun eksekusi Nyein Chan Aung ditepis Andritany.

Sebaliknya, tim Merah Putih mampu memperbesar keunggulannya. Kali ini, Indonesia mendapat hadiah penalti setelah Novri Setiawan dijatuhkan di kotak terlarang menit 85. Eksekusi dituntaskan oleh Ilija Spasojevic. Indonesia pun menutup laga dengan skor 2-0.

Meski puas, McMenemy mengungkapkan timnas bisa lebih baik lagi. Dia juga yakin tim Merah Putih mampu meningkatkan performanya.

“Penampilan tim sudah bagus meski dengan persiapan dua pekan sampai 10 hari. Bisa dilihat bagaimana tim ini di masa mendatang. Mereka akan tampil lebih bagus lagi,” ujar mantan pelatih Bhayangkara FC ini.

Artikulli paraprakLaga Hiburan Timnas U-23 Yang Tetap Diseriusi
Artikulli tjetërPersija Jakarta Tak Remehkan Kalteng Putra