PSIM Yogyakarta bakal diperkuat pemain naturalisasi Raphael Maitimo (kanan) di kompetisi Liga 2 musim 2019. Pemain kelahiran Belanda ini masih menjalani tes medis sebelum bergabung dengan PSIM. (foto: istimewa)

OLENAS.ID – Pemain naturalisasi Raphhael Maitimo segera bergabung dengan PSIM Yogyakarta. Dengan kedatangan investor baru, PSIM pun memiliki dana cukup besar untuk mengarungi kompetisi Liga 2. Dan langkah yang siap diambil tak lain mendatangkan pemain terbaik. Salah satunya, Maitimo.

Ya, pemain kelahiran Belanda dan berdarah Maluku ini sudah disebut bakal menjadi bagian dari skuat PSIM yang berkompetisi di Liga 2 musim 2019. Tak ada halangan bagi Maitimo untuk bermain di kasta kedua karena dirinya merupakan pemain naturalisasi. Gelandang berusia 35 yang pernah membela tim nasional ini tetap dianggap pemain domestik dan bisa bermain di Liga 2 yang tampaknya masih mengharamkan pemain asing.

Menurut Bambang Susanto, karteker CEO PT PSIM Jaya yang menaungi klub, Maitimo masih menjalani tes medis. Tes dilakukan secara cermat karena pemain yang pernah membela tim nasional Belanda U-15, U-16, U-17 bersama Wesley Sneijer, Arjen Robben dan Robin van Persie ini mengalami cedera tumit di kompetisi musim lalu. Dirinya pun baru pulih dari cedera pada Januari lalu.

“Untuk Maitimo tinggal menunggu tes medis. Kami juga sedang menunggu negosiasi akhir. Kami berharap semua sudah diselesaikan pekan ini dan dia segera menandatangani kontrak,” kata Bambang di Yogyakarta.

Pialang saham asal Semarang ini merupakan investor yang digandeng PSIM. Dengan kehadiran investor baru, PSIM menargetkan promosi ke Liga 1 di kompetisi musim 2019. Bambang tegaskan PSIM jangan berlama-lama di kompetisi kasta kedua.

“Untuk pelatih, ada dua pelatih asing dan beberapa lokal yang masih dipertimbangkan. Kami juga menargetkan pemain lama yang dipertahankan. Yang pasti, tim sudah terbentuk di awal April. Mereka juga bisa segera menjalani latihan,” ujarnya.

Dilanjutkannya, “ Persaingan Liga 2 musim 2019 bakal berat. Tim harus punya target sama untuk bisa menembus kasta tertinggi.”

Maitimo merupakan salah satu pemain elite di pentas Liga 1. Dirinya, terakhir kali, membela Madura United. Selama berkarier di Indonesia, Maitimo bermain di klub-klub papan atas seperti Arema FC, Persija Jakarta, Sriwijaya FC sampai Persib Bandung.

Pemain yang baru saja merayakan hari jadi ke-35 pada 17 Maret itu membela tim Merah Putih saat menghadapi timnas Belanda dalam sebuah uji coba di Stadion Gelora Bung Karno, 7 Juni 2013. Saat itu, dia melakukan reuni dengan sahabatnya di timnas yunior, Van Persie, Sneijder dan Robben.