BTN CLS Knights sukses menaklukkan Saigon Heat di laga pertama playoffs ASEAN Basketball League di GOR Kertajaya, Surabaya, Sabtu (30/3/2019). (foto: istimewa)

OLENAS.ID – Awal manis bagi tim BTN CLS Knights Indonesia. Mengawali laga playoffs ASEAN Basketball League (ABL) di GOR Kertajaya, Sabtu (30/3/2019), CLS Knights meraih kemenangan atas Saigon Heat 84-59.

Kemenangan tersebut menjadikan CLS Knights untuk sementara unggul1-0. Sukses itu tentu menjadi modal berharga bagi CLS Knights saat melakoni laga kedua di kandang Saigon Heat di Vietnam, Rabu (3/4/2019). Bila menang, maka CLS Knights dipastikan lolos ke babak berikutnya karena di babak playoffs memakai format the best of three.

Di pertandingan itu, Maxie Esho tampil sebagai pemain paling produktif. Dirinya mencetak 24 poin, enam rebound, satu assist dan empat steal. Disusul pengatur serangan CLS Knights, Douglas Herring Jr, yang mengemas double-double 18 angka dan 10 assist serta tiga steal. Sedangkan pemain Saigon Heat De Angelo Hamilton menjadi top scorer tim dengan raihan 13 poin, enam rebound dan masing-masing satu steal dan assist.

BTN CLS Knights meraih kemenangan di pertandingan pertama playoffs ASEAN Basketball League setelah mengalahkan Saigon Heat di GOR Kertajaya, Surabaya, Sabtu (3/30/2019). (foto: istimewa)

Tancap Gas

CLS Knights yang tampil di hadapan para pendukungnya, memang langsung tancap gas. Mereka  berhasil unggul 31-14 pada kuarter pertama. Performa gemilang itu berlanjut di kuarter kedua. Bahkan tuan rumah kian jauh meninggalkan rivalnya. Mereka menutup kuarter kedua itu dengan keunggulan 45-29.

Lepas turun minum, CLS Knights tidak terbendung lagi. Bahkan saat waktu pertandingan memasuki  menit ke lima 26 detik, CLS Knights sudah unggul jauh 62-33. Akibatnya, pelatih Saigon Heat Kyle Julius meminta waktu jeda untuk menenangkan timnya. Namun, upaya Kyle tak berarti karena CLS Knights menutup kuarter ketiga dengan 71-43. Saigon Heat akhirnya semakin jatuh frustrasi meladeni perlawanan CLS Knights di kuarter akhir.

Pelatih CLS Knights Brian Rowsom mengaku puas dengan kemenangan tim. Apalagi tim bermain bagus. Pemain mampu mengembangkan permainan dengan baik.

Good job. Kami bermain dengan defense yang baik dari awal dan tembakan tiga angka kita berjalan dengan baik (14 kali tembakan tiga angka yang berhasil masuk). Hanya offense yang harus lebih baik lagi. Kalau offense diberi nilai enam, sedangkan defense dapat nilai delapan,” kata Rowsom.

Dirinya juga memuji penampilan pemain lokal seperti Febri, Sandy Kurniawan, Firman dan Katon Baskoro. Menurut Rowsom, performa mereka tidak kalah bagus di pertandingan ini.

“Para pemain lokal juga bermain bagus. Mereka terus belajar dan meningkatkan kemampuan. Intelektualitas bermain mereka di lapangan juga semakin berkembang,” ujar Rowsom.

Hanya, Rowsom berharap tim tak terlena karena masih butuh kemenangan untuk memastikan lolos ke babak selanjutnya. “Kami masih butuh satu kemenangan lagi,” jawabnya.