Tim Sahabat Semarang berharap bisa tampil maksimal pada seri ketiga di kompetisi bola basket wanita Srikandi Cup yang digelar di kandang sendiri di GOR Sahabat, Semarang mulai Senin (1/4/2019). (foto: istimewa)

OLENAS.ID – Seri neraka di Semarang. Ya, persaingan panas bakal tersaji pada seri ketiga kompetisi bola basket wanita, Srikandi Cup di GOR Sahabat, Semarang yang dimulai pada Senin (1/4/2019) siang ini. Seri yang berakhir pada Sabtu (6/4/2019) ini akan menjadi seri kunci penentuan akhir sebelum bergulirnya babak playoffs yang diselenggarakan di Yogyakarta, 22 April 2019 mendatang.

Seri Semarang merupakan seri yang sangat penting karena menentukan pembagian pool di babak playoffs. Menurut Deddy Setiawan, ketua koordinator Srikandi Cup, seri tersebut menjadi makin panas karena semua tim membidik kemenangan demi mengamankan posisi di klasemen akhir babak regular.

“Jika diibaratkan, seri Semarang ini adalah seri ‘neraka’. Semua tim berusaha mencari kemenangan untuk mendapatkan posisi yang lebih baik jelang babak playoffs. Srikandi Cup juga telah bekerja sama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta untuk penyediaan GOR UII sebagai  penyelenggaraan babak playoffs,” kata Deddy.

Menurut dia, babak playoffs akan mengunakan sistem setengah kompetisi yang dibagi dua pool. Pimpinan klasemen dan peringkat dua di babak reguler bergabung di Pool A bersama tim yang menduduki posisi tujuh. Sedangkan di Pool B dihuni tim-tim yang menduduki peringkat tiga sampai enam.

“Dua tim teratas dari masing-masing pool melaju ke semifinal dengan sistem silang. Juara Pool A berhadapan dengan runner up Pool B dan sebaliknya,” lanjut dia.

Seri di Semarang akan menjadi pembuktian bagi tuan rumah Sahabat Semarang yang saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara. Pelatih Xaverius Wiwid menjadikan seri tersebut untuk mematangkan pemainnya. Dia juga memastikan GOR Sahabat dipastikan ‘tidak akan bersahabat’ bagi lawan-lawannya.

“Semua lawan Sahabat Semarang di seri tiga ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Ini memang seri terpanas karena seri terakhir regular season. Saya harap bermain di rumah sendiri anak-anak akan tampil lebih bersemangat dan tidak terbebani,” kata Wiwid.

“Kami akan sekuat tenaga untuk mencapai peringkat kedua. Tapi yang terpenting kami harus fokus bermain dengan baik di setiap pertandingan,” ujarnya lagi.

Hal senada disampaikan Yuni Anggaraeni, salah satu andalan Sahabat Semarang. “Kami sudah mempersiapkan diri dengan baik dan berlaga di rumah kami sendiri membuat kami akan tampil dengan penuh bersemangat,” ucap Yuni.

Senin (1/4/2019), Sahabat Semarang mengawali pertarungan dengan menghadapi Flying Wheel Makassar yang menduduki dasar klasemen. Sedangkan Scorpio Jakarta ditantang Tenaga Baru Pontianak.

Jadwal Pertandingan

Senin, 1 April 2019

Scorpio Jakarta vs Tenaga Baru Pontianak  (16.00 WIB)

Sahabat Semarang vs Flying Wheel Makassar (19.00 WIB)

Selasa, 2 April 2019

Tenaga Baru Pontianak vs Tanago Friesian Jakarta (14.00 WIB)

Flying Wheel Makassar vs GMC Cirebon (17.00 WIB)

Merpati Bali vs Scorpio Jakarta (19.00 WIB)

Rabu, 3 April 2019

GMC Cirebon vs Merpati Bali (16.00 WIB)

Sahabat Semarang vs Tanago Friesian Jakarta (19.00 WIB)

Kamis, 4 April 2019

Scorpio Jakarta vs Flying Wheel Makassar (19.00 WIB)

Jumat, 5 April 2019

Merpati  Bali vs GMC Cirebon (15.00 WIB)

Tanago Friesian Jakarta vs Scorpio Jakarta (17.10 WIB)

Tenaga Baru Pontianak vs Sahabat Semarang (19.15 WIB)

Sabtu, 6 April 2019

Tanago Friesian Jakarta vs GMC Cirebon (14.00 WIB)

Flying Wheel Makassar vs Tenaga Baru Pontianak (16.10 WIB)

Sahabat Semarang vs Merpati Bali (18.20 WIB)

Artikulli paraprakTernoda Aksi Lempar Botol ke Lapangan, Vamos Mataram Hat-trick Juara
Artikulli tjetërTanago Friesian Target Sapu Bersih di Semarang