Eks striker Manchester United Diego Forlan dikabarkan bermain di Indonesia dengan memperkuat Kalteng Putra. Negosiasi mantan pemain tim nasional Uruguay ini masijh terganjal fasilitas yang diminta Forlan. (foto: football-tribe)

OLENAS.ID – Mantan striker Manchester United bakal berlabuh di klub yang bermarkas di DI Yogyakarta? Ya, Diego Forlan sudah disebut-sebut akan bermain di kompetisi kasta tertinggi, Liga 1.

Namun striker berusia 39 ini tidak bergabung dengan PSS Sleman yang hanya bisa mendatangkan striker veteran lokal, Rudi Widodo. Forlan dikabarkan akan membela tim promosi Kalteng Putra. Jelas, bila sukses memboyong Forlan ke Indonesia, Kalteng Putra bakal kian diperhitungkan meski berstatus tim promosi.

Kalteng Putra memang bakal bermarkas di DIY, tepatnya di Bantul saat mengawali kompetisi. Mereka belum bisa kembali ke Palangkaraya karena Stadion Tuah Pahoe yang digunakan Kalteng Putra untuk menjamu lawannya masih direnovasi. Tim berjuluk Laskar Isen Mulang atau Laskar Pantang Menyerah ini akan memakai Stadion Sultan Agung, Bantul, selama bulan-bulan pertama kompetisi.

Untuk menambah kedalaman skuat, Kalteng Putra menunjukkan keseriusan mendatangkan Forlan. CEO Kalteng Putra, Agustiar Sabran menuturkan pihaknya telah melakukan negosiasi secara intensif dengan sang pemain dan agennya.

Hanya rencana tersebut masih terkendala dengan fasilitas yang diminta mendatangkan eks striker tim nasional Uruguay ini. Pasalnya, Forlan menginginkan fasilitas yang memadai seperti di Jakarta. Mulai dari lapangan tempat latihan, markas tim, tempat tinggal, dan fasilitas lainnya. Padahal dari segi kontrak dikabarkan sudah tidak ada masalah. Klub sudah menyetujui permintaan gaji yang disodorkan Forlan.

“Kami sudah bernegosiasi. Kami bertemu langsung dengan agen dan pemainnya. Persoalannya, pemain mengira fasilitas klub kami seperti di Jakarta. Padahal kami adalah klub di Kalimantan,” kata Agustiar Sabran.

Bila bergabung dengan Kalteng Putra, Forlan bakal menjadi salah satu pemain top yang bermain di Indonesia. Sebelumnya, Liga 1 pernah kedatangan eks bintang Chelsea, Michael Essien yang membela Persib Bandung.

Forlan sendiri melejit sebagai bintang dunia saat direkrut MU dari klub Argentina Independiente pada 2002. Meski kurang bersinar dan hanya bertahan dua musim, namun Forlan tetap menjadi bagian penting The Red Devils.

Saat dilepas MU dan pindah ke Spanyol, dirinya masih bisa berkibar bersama Villarreal dan Atletico Madrid. Dia dua klub itu, Forlan mampu menjadi top scorer La Liga Spanyol.

Pemain yang sudah tiga kali memperkuat Uruguay di Piala Dunia ini (2002, 2010, 2016) sesungguhnya tidak asing dengan sepak bola Asia. Dirinya pernah bermain di Liga Jepang dan kemudian di India dengan memperkuat Mumbai City di Liga Super India (ISL). Setelah dikontrak selama tiga bulan, Forlan bermain di Hong Kong dengan memperkuat Kitchee SC. Klub yang pernah diperkuat eks striker tim nasional, Rochy Puttiray.