Kick-off Liga 1 dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2019 atau pertengahan pekan karena jatuh pada hari Rabu. Ini didasarkan keputusan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga.Tampak pemain Persija Jakarta, juara liga musim lalu, Novri Setiawan (kiri) di pertandingan liga. (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Liga 1 2019 digulirkan pada 8 Mei. Menariknya jadwal kick-off yang ditetapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator liga, ternyata bukan di akhir pekan. Ya, tanggal 8 Mei 2019 itu justru di pertengahan pekan atau hari Rabu.

Penetapan jadwal kick-off sudah disepakati bersama antara PT LIB dan PSSI. Sebelumnya, PSSI menyebutkan kompetisi Liga 1 mulai bergulir antara periode 2 sampai 8 Mei.

“Setelah menyusun dan merancang jadwal, kick-off liga ditetapkan pada tanggal 8 Mei. Keputusan ini juga sudah dikonsultasikan dengan PSSI. Jadi ini didasarkan kesepakatan bersama,” ujar Direktur Utama sementara LIB, Dirk Soplanit.

Menurut Dirk Soplanit, jadwal mulai disosialisasikan kepada klub mulai hari ini, Kamis (4/4/2019). “Kami mulai menyurati klub-klub hari ini. Jadwal yang dikirim ke klub pun sudah pasti dan bukan draft lagi. Kalau ada perubahan, kami akan lihat. Bila sangat mendesak, kami akan menyesuaikannya,” kata dia lagi.

Setelah penetapan tanggal kick-off, LIB segera berkoordinasi dengan Kepolisian dan BOPI. Hal itu menyangkut masalah perizinan yang diharapkan tidak mengalami kendala.

“Masih akan ada tahapan berikut yang harus dijalani sebelum launching. Ada kaitan dengan kepolisian, masalah perizinan, kemudian dengan BOPI,” ujar Dirk.

Musim lalu, Liga 1 dimenangi Persija Jakarta. Sedangkan tiga tim promosi, PSS Sleman, Semen Padang dan Kalteng Putra. Tim yang terdegradasi, Sriwijaya FC, Mitra Kukar dan Persiba Balikpapan.