Pemain Persebaya Surabaya Osvaldo Haay merayakan gol di sebuah pertandingan. Persebaya menaklukkan Madura United 1-0 pada semifinal pertama Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (4/3/2019). (foto: medcom.id)

OLENAS.ID – Hasil positif diraih Persebaya Surabaya di semifinal pertama Piala Presiden 2019. Dalam duel di kandang sendiri di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (3/4/2019), Persebaya harus bekerja keras sebelum menaklukkan Madura United 1-0.

Satu-satunya gol kemenangan Persebaya dihasilkan Manuchekhr Dzhalilov menit 64. Dirinya menyelesaikan umpan matang dari Amido Balde. Dengan hasil itu, Dzhalilov telah mengemas lima gol yang mengantarkannya sebagai top scorer Piala Presiden bersama Bruno Matos.

Hanya, striker tim nasional Tajikistan ini berpeluang mengungguli pemain Persija Jakarta ini karena Persebaya masih bertahan di turnamen pramusim ini. Sedangkan Bruno Matos sudah tidak bisa menambah gol karena langkah Persija yang sudah terhenti di 8 Besar.

Meski menang, namun Persebaya belum bisa memastikan lolos ke final. Pertarungan dua tim elite Liga 1 ini belum berakhir. Pasalnya masih ada satu pertandingan lagi yang digelar di kandang Madura United, Sabtu (6/4/2019).

Di laga itu, Persebaya hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke laga puncak. Sebaliknya, peluang MU juga belum tertutup. Hanya, mereka harus bisa menang minimal 2-0 untuk menyingkirkan Persebaya sekaligus lolos ke final.

Pelatih Persebaya Djajang Nurjaman mengatakan kemenangan tersebut menjadi modal berharga untuk melaju ke final.

“Harus diakui ini pertandingan yang sulit. Ini yang menjadikan kami bermain dengan tempo lambat. Di babak kedua, kami meningkatkan permainan dan bisa mencetak gol,” kata Djajang.

“Kemenangan ini sangat berarti. Kami akan berusaha lolos ke final dengan mengulangi kemenangan di kandang mereka (Madura United),” lanjut Djanur, sapaannya.

Pertandingan itu sendiri memecahkan rekor karena disaksikan 50 ribu penonton. Ini merupakan laga dengan penonton terbanyak di laga semifinal Piala Presiden.

Jumlah penonton itu memecahkan rekor sebelumnya saat Persebaya menjamu PS Tira Persikabo di babak 8 Besar. Saat itu jumlah penonton mencapai 42.230 orang.