Gelandang Raphael Maitimo resmi bergabung dengan klub Liga 2 PSIM Yogyakarta. Dirinya dikontrak selama dua tahun. Maitimo usai menandatangani kontrak bersama karteker CEO PT PSIM Jaya Bambang Susanto. (foto: psimjogja.id)

OLENAS.ID – Kejutan dari PSIM Yogyakarta. Kedatangan investor yang kemudian mendanai klub berkompetisi di Liga 2 dibarengi dengan memboyong pemain kelas atas.

Ya, pemain naturalisasi Raphael Maitimo resmi bergabung dengan PSIM. Sebelumnya santer disebutkan bila PSIM bakal mendatangkan Maitimo. Kabar itu sempat diragukan karena dari sisi kualitas, Maitimo sesungguhnya masih bisa bermain di Liga 1. Bahkan dirinya tetap peluang bergabung dengan klub-klub papan atas.

Namun pemain yang baru saja merayakan hari jadi ke-35 pada 17 Maret lalu itu, ternyata bisa didatangkan PSIM. Maitimo pun resmi sebagai pemain PSIM setelah menandatangani kontrak berdurasi dua tahun.

Maitimo pun menyatakan suka-citanya bisa bergabung dengan PSIM yang memiliki sejarah panjang di pentas sepak bola nasional. Selain itu, PSIM memiliki suporter fanatik yang sangat luar biasa mendukung tim kesayangan.

“Saya senang berada di klub yang punya sejarah panjang dan suporter yang luar biasa, seperti di Yogyakarta ini. Semoga kita bersama bisa membawa PSIM menuju Liga 1 musim depan,” kata Maitimo kepada psimjogja.id.

Pemain yang sudah 21 kali membela tim nasional Indonesia ini berharap mendapat dukungan penuh dari suporter. Ditegaskannya tanpa suporter, tim tidak bisa berbuat apa-apa.

“Saya mohon support dan dukungan dari suporter PSIM. Tanpa itu, kami bukan apa-apa,” ujar dia lagi.

Sebelum bergabung dengan PSIM, Maitimo terakhir kali membela Persebaya Surabaya di Liga 1.  Hanya, dirinya terpaksa mengakhiri kompetisi lebih cepat setelah mengalami cedera tumit kiri di pertandingan melawan PSIS Semarang.

Pulih dari cedera, dirinya sudah mendapat tawaran dari klub-klub Liga 1. Namun PSIM yang berhasil menggaet pemain didikan Akademi Feyenoord bersama Robin van Persie ini.

Maitimo bersama Wesley Sneijder dan Arjen Robben pernah membela timnas Belanda U-15 pada 1997-87. Kariernya di skuat Oranje berlanjut di tim U-16 dan U-17.  

Sementara, karteker CEO PT PSIM Jaya, Bambang Susanto mengucapkan setelah meresmikan Maitimo pihaknya segera merampungkan kontrak pemain lainnya.

“Setelah Maitimo, kami segera kontrak beberapa pemain lama dan baru. Kami berharap skuat sudah komplet dalam bulan ini,” kata Bambang.