Pemain Persebaya Amido Balde (tengah) dkk merayakan gol di pertandingan melawan Madura United di semifinal kedua Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu (6/4/2019). Persebaya menang 3-2 dan lolos ke final dengan keunggulan agregat 4-2. Di final, mereka menghadapi Arema FC. (foto: jawapos.com)

OLENAS.ID – Duel klasik akan tersaji di final Piala Presiden. Persebaya Surabaya akhirnya bertemu rival bebuyutan Arema FC di laga puncak. Persebaya melaju ke final setelah menyingkirkan Madura United.

Dalam duel semifinal kedua di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu (6/4/2019), Persebaya menang 3-2 atas tim yang mendapat sebutan Galacticos karena bermaterikan banyak pemain top ini. Hasil tersebut menjadikan Persebaya menang agregat 4-2. Pasalnya pada semifinal pertama, mereka menang 1-0.

Di final, Persebaya menghadapi Arema yang menyingkirkan Kalteng Putra. Dalam dua pertemuan di semifinal, Arema FC menang dengan skor sama 3-0.

Duel Persebaya dan Arema FC menjadikan Piala Presiden tahun ini dipastikan milik tim Jawa Timur. Arema sendiri pernah merengkuh trofi itu oada 2017. Saat itu, Singo Edan menaklukkan Borneo FC 5-1.

Main Ofensif

Di pertandingan itu, Madura United yang harus menang dengan skor minimal 2-0 ini memang bermain ofensif. Hanya serangan mereka lebih sering kandas menghadapi benteng pertahanan Bajul Ijo yang digalang bek tim nasional Hansamu Yama.

Namun tuan rumah akhirnya mampu membobol gawang lawan lewat Aleksandar Rakic menit 54. Eks penyerang PS Tira asal Serbia ini menyelesaikan bola silang Alberto Goncalvez.

Hanya keunggulan Madura United tak bertahan lama. Adalah Otavio Dutra yang menyamakan skor menjadi 1-1 di menit 61. Kebobolan di kandang sendiri membuat Sape Kerrab meningkatkan intensitas serangan. Hasilnya, mereka kembali unggul. Kali ini giliran Beto yang mencetak gol menit 68.

Dengan skor 2-1, Madura United membutuhkan satu gol lagi untuk menyingkirkan Persebaya. Namun apes, gawang mereka malah kebobolan lagi. Kiper M. Ridho gagal menghalau sundulan Amido Balde di menit 82.

Gol eks pemain Sporting Lisbon ini menjadikan langkah Madura United menuju final kian berat. Pasalnya, mereka harus bisa mencetak dua gol lagi saat pertandingan tersisa delapan menit lagi.

Bukannya menambah gol, gawang tuan rumah malah kembali kebobolan di injury time. Lewat serangan balik, Hansamu Yama Pranata mencetak gol ketiga Persebaya pada menit 90+3. Skor 3-2 untuk Persebaya memupus asa Madura United di Piala Presiden 2019.