PSS Sleman melepas bek produk asli Sleman, Muhammad Hamdan Zamzani, ke tim Liga 2 Sriwijaya FC. Zamzani saat membela PSS di sebuah pertandingan. (foto: istimewa)

OLENAS.ID – Pemain asli Sleman kian tersingkir di PSS Sleman. Klub promosi Liga 1 ini melepas pemain produk asli Sleman, Muhammad Hamdan Zamzani.

Dirinya pun resmi dilepas ke tim Liga 2 Sriwijaya FC. Kepergian Zamzani menjadikan PSS tak memberi tempat kepada pemain asli Sleman.

Manajer PSS, Retno Sukmawati, memastikan pemain berusia 22 itu dilepas sebagai pemain pinjaman. “Dia sudah berpamitan pada manajemen. Dia juga sudah berangkat ke Palembang,” kata Retno.

Zamzani merupakan bek potensial Laskar Elang Jawa. Hanya usianya yang masih muda menjadikan Zamzani sulit mendapat tempat di tim utama. Pasalnya di posisi bek tengah, PSS sudah memiliki Ikhwan Ciptady dan Asyraq Gufron Ramadhan. PSS juga mendatangkan bek tengah asal Spanyol, Alfonso de la Cruz.

Dengan memiliki tiga bek tengah, PSS sesungguhnya masih bisa memberi kesempatan kepada Zamzani. Namun PSS justru mendatangkan pemain belakang yang sudah cukup berumur, Purwaka Yudhi. Hanya pelatih Seto Nurdiantara lebih membutuhkan bek berusia 34 ini karena pengalaman dan senioritas.

Kedatangan Purwaka ke Sleman menjadikan Zamzani tergeser. Ini yang memunculkan opsi dirinya dipinjamkan ke klub lain. Dan SFC tertarik untuk meminjam pemain yang turut mengantarkan PSS menjadi juara Liga 2 sekaligus promosi ke Liga 1 ini.

Pelatih SFC Kas Hartadi membenarkan klub meminjam Zamzani dari PSS. Menurut dia Zamzani bergabung tanpa proses seleksi. Pasalnya, Kas Hartadi sudah memantau pemain tersebut sejak musim lalu saat dirinya masih menangani Kalteng Putra.

“Zamzani bergabung tanpa proses seleksi. Saya tahu kualitas dia seperti apa. Kami mendatangkan dengan status pinjaman,”  kata Kas Hartadi yang menjadikan Zamzani sebagai benteng pertahanan Laskar Wong Kito.

“Saya sudah memantau Zamzani. Dia diproyeksikan mengisi pos bek tengah,” ujarnya.