Presiden Joko Widodo kemungkinan tidak bisa menghadiri final pertama Piala Presiden yang mempertemukan Persebaya Surabaya melawan Arema FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (9/4/2019). (foto: Olenas.di/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Presiden Joko Widodo kemungkinan besar belum bisa hadir menyaksikan langsung final pertama Piala Presiden 2019 di Surabaya. Final Piala Presiden mempertemukan dua tim elite Jawa Timur, Persebaya Surabaya melawan Arema FC. Dan, Persebaya bertindak sebagai tuan rumah pertama dengan menjamu Arema di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (9/4/h2019).

Sebelumnya memang sempat beredar kabar bila Presiden Jokowi menghadiri partai final. Namun beliau kemungkinan tidak hadir. Sebaliknya, Presiden kemungkinan menyaksikan final kedua di Malang.

“RI 1 (Presiden Jokowi) mungkin akan datang di final kedua di Malang. Pasalnya seremoni penyerahan piala sudah pasti dilaksanakan usai fina kedua,” kata Wisnu Sakti Buana, ketua panpel Persebaya.

Meski demikian, beberapa tokoh lain diperkirakan tetap hadir dan ikut menyemarakkan laga final pertama ini. Termasuk di antaranya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang sebelumnya menyatakan ingin agar Bonek dan Aremania menjaga perdamaian.

“Ini masih leg pertama, jadi mungkin tidak banyak tokoh nasional yang akan datang. Sampai sekarang saya belum dapat kepastian siapa saja yang akan hadir,” ujar Wisnu Sakti Buana yang juga menjabat Wakil Wali Kota Surabaya itu.

Final pertama final Piala Presiden 2019 ini bakal dipadati Bonek, suporter Persebaya, tanpa kehadiran Aremania, pendukung Arema, di Stadion GBT. Panpel Persebaya melepas 50 ribu lembar tiket secara online pada Minggu (7/4/2019). Semua tiket sudah ludes terjual hanya beberapa menit kemudian.

Persebaya melaju ke final setelah menyingkirkan Madura United di semifinal. Sedangkan Arema FC yang berhasil masuk final untuk kedua kalinya dalam tiga tahun terakhir sukses mengatasi perlawanan tim promosi Kalteng Putra. Pada Piala Presiden 2017, Arema FC tampil sebagai juara setelah menghajar Borneo FC 5-1.