Srikandi Cup memasuki babak playoffs yang digelar di Universitas Islam Indonesia (UII). Babak itu diikuti tujuh tim yang terbagi menjadi dua pool. (Foto: Olenas.id/Gonang Susatyo

OLENAS.ID – Kompetisi bola basket profesional putri, Srikandi Cup, akan memunculkan juara baru. Dan Yogyakarta akan menjadi saksi siapa yang menjadi terbaik setelah absennya Surabaya Fever.

Ya,  babak playoffs hingga grand final Srikandi Cup akan digelar GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, mulai Senin (22/4/22019) sampai Sabtu (27/4/2019). Babak itu diikuti tujuh tim basket putri yang bersaing ketat untuk memperebutkan trofi juara.

“Musim ini dipastikan persaingan lebih ketat dan tidak dapat diprediksi setelah absennya juara bertahan Surabaya Fever. Mereka memang selalu mendominasi dalam beberapa tahun. Tetapi kini kekuatan tujuh tim merata. Semua tim peserta di babak ini pernah saling mengalahkan,” kata Deddy Setiawan, Ketua Koordinator Srikandi Cup.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Universitas Islam Indonesia (UII) atas kerjasamanya menggelar babak playoffs musim ini. Dengan format kompetisi liga musim ini dan juga playoffs, Srikandi Cup menjadi suguhan pertandingan yang ketat, karena setiap game ibarat partai hidup mati yang sangat menentukan,” lanjutnya.

Koordinator Srikandi Cup Deddy Setiawan (kanan) dan perwakilan UII Beni Suratno memberi keterangan pers terkait pelaksanaan playoffs Srikandi Cup yang dimulai Senin (22/4/2019). (Foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

Dua Pool

Menurut Dedi babak playoffs terbagi dalam dua pool. Di Pool A diisi tim yang menduduki peringkat pertama dan kedua ditambah peringkat tujuh di reguler season yakni Merpati Bali, Sahabat Semarang, dan Flying Wheel Makassar.

Sedangkan pool B dihuni tim peringkat tiga sampai enam, antara lain Tanago Friesian Jakarta, Tenaga Baru Pontianak, Scorpio Jakarta, dan GMC Cirebon. Masing-masing pool diambil dua tim peringkat peringkat teratas. Di semifinal, mereka akan disilangkan dengan tim juara dan  runner up.

Sementara, Beni Suratno, perwakilan UII, mengungkpkan kerjasama dengan Srikandi Cup merupakan bagian dari kepedulian UII dengan pengembangan minat olahraga.

“Kami mengapresiasi kerjasama dengan Srikandi Cup untuk menjadi tuan rumah playoffs. Ini bisa menjadi pembelajaran motivasi dan inspirasi bagaimana  menggelar event nasional layaknya Srikandi Cup di kampus kami,” kata Beni.