Grand Master Indonesia Susanto Megaranto menjadikan JAPFA Grand Master and Women Grand Master Tournament 2019 sebagai pemanasan sebelum berlaga di Piala Dunia 2019. (Foto: Olenas.id/Gonang Susatyo

OLENAS.ID – Grand Master Indonesia Susanto Megaranto menjadikan JAPFA Grand Master and Women Grand Master Tournament 2019 sebagai pemanasan sebelum berlaga di Piala Dunia 2019. Piala Dunia itu sendiri digelar di Khanty-Mansiysk, Rusia, 9 September 2019 sampai 2 Oktober 2019.

Susanto mengungkapkan turnamen itu menjadi pemanasan yang tepat karena dirinya bersaing dengan para grand master terbaik dunia. Hanya, dia memperkirakan persaingan di Piala Dunia bakal lebih ketat.

“Ini menjadi ajang persiapan ke Piala Dunia. Hanya, persaingan di Piala Dunia dipastikan lebih berat dibanding di turnamen JAPFA GM-WGM. Mengenai peluang di Rusia juga belum tahu karena persaingannya memang ketat. Tetapi saya akan berusaha sebaik mungkin,” kata Susanto.

Di turnamen JAPFA, persaingan di bagian putra memang ketat. Sempat menduduki puncak klasemen, kini posisi Susanto melorot ke posisi lima. Posisi puncak dikuasai unggulan pertama GM Dmitry Kokarev (Rusia) yang yang menggeser GM Rustam Khusnutdinov.

Keberhasilan Kokarev memimpin klasemen usai mengalahkan unggulan kedua asal Belanda, Ivan Sokolov di putaran keenam, Minggu (16/6/2019). Rustam terpaksa turun peringkat Khusnutdinov setelah bermain resmi saat bertemu IM Teja S Ravi (India).

Di bagian putri, pimpinan WGM Keti Tsatsalashvili gagal mempertahankan keunggulannya setelah ditahan WIM Luong Phuong Hanh. Posisinya diambil alih Rucha Pujari yang mengalahkan pecatur tuan rumah, WFM Putri Wigustira Monica.