GM Indonesia Susanto Megaranto dan WIM Chelsie Monica Sihite berpeluang menjadi juara di JAPFA Grand Master and Women Grand Master Tournament 2019. (Foto: olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Pecatur Indonesia memilki harapan meraih gelar juara di JAPFA Grand Master and Women Grand Master Tournament 2019 di Yogyakarta. Setelah menyelesaikan putaran kesembilan, pecatur putri WIM Chelsie Monica Sihite dan Susanto Megaranto di bagian putra berpeluang menyodok untuk menjadi yang terbaik.

Di ajang JAPFA terakhir di Solo, pecatur Indonesia gagal meraih gelar juara. Kini, peluang itu terbuka karena Chelsie masih bersaing ketat dengan pimpinan klasemen WIM Rucha Pujari dari India yang sudah meraih 6,5 poin. Sama dengan perolehan poin Chelsie. Hanya Rucha Pujari unggul jumlah kemenangan atau tie break (TB3). Sedangkan di TB1 dan TB2, keduanya memiliki poin sama.

Sebaliknya, juara bertahan WGM Keti Tsatsalashvili agak keteteran. Pecatur cantik asal Georgia ini menduduki peringkat empat dengan poin 6. Sedangkan di peringkat tiga ada WIM Vietnam Luong Phuong Hanh. Sedangkan di peringkat lima ada WFM Indonesia Ummi Fisabillah. Ketiganya sama-sama memiliki poin 6.

Putaran Penentuan

Masih ada dua babak atau putaran yang akan dijalani para pecatur. Namun di putaran 10 yang digelar Kamis (20/6/2019) akan menjadi penentuan. Pasalnya Chelsie yang baru saja meraih norma WGM akan bertemu Pujari untuk saling mengalahkan.

Bila berhasil menang maka langkah Chelsie menjadi juara akan lebih mulus. Sebaliknya, bila kalah maka peluang untuk menjadi juara tertutup sudah. Bila kedua pecatur mengakhiri laga dengan remis maka pertarungan akan kian menarik di putaran terakhir. Pasalnya Rucha Pujari akan bertemu Tsatsalashvili.

Di bagian putra, andalan Indonesia, GM Susanto Megaranto masih berada di posisi kedua dengan poin 5,5. Dia hanya terpaut setengah poin dari pimpinan klasemen, GM Kazakhstan Khusnutdinov Rustam.

Selain Susanto ada IM Priasmoro Novendra dan pecatur asal Rusia, Dmitry Kokarev yang sama-sama memiliki nilai 5,5. Mereka juga berpeluang menggeser pecatur di atasnya.

Di putaran ke-10, Susanto bertemu IM Arghyadip Das dan Rustam menghadapi Ivan Sokolov. Bagi Sokolov ini menjadi peluang bagi dirinya untuk naik peringkat bila mengalahkan Rustam.

Di putaran terakhir, Susanto akan menghadapi Rustam. Ini tak ubahnya menjadi laga final bila keduanya sama-sama bertengger di posisi teratas.