GM Susanto Megaranto gagal mengalahkan IM Arghyadip Das sehingga dia harus turun peringkat di JAPFA GM & WGM Chess Tournament. (Foto: olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Pecatur GM Rustam Khusnutdinov berpeluang merebut gelar juara pada ajang JAPFA Grand Master and Women Grand Master Tournament 2019 yang berlangsung di Yogyakarta. Pada putaran ke-10, pecatur asal Kazakhstan ini sukses menaklukkan pecatur asal Belanda GM Ivan Sokolov. Kemenangan ini menjadikan Rustam memimpin klasemen dengan raihan 7 poin.

Namun Rustam hanya unggul setengah poin dengan peringkat kedua yang saat ini ditempati GM Dmitry Kokarev yang mengalahkan FM Setyaki Azarya Jodi. Selain itu, pecatur tuan rumah, IM Priasmoro Novendra juga naik ke peringkat tiga setelah mengatasi perlawanan rekannya IM Sean Winshand Cuhendi di langkah 30 lewat pembukaan Skandinavia.

Kokarev dan Novendra sama-sama memiliki poin 6. Namun Kokarev unggul di tie break (TB)2. Keberhasilan Novendra meraih kemenangan menjadikan dia menggeser rekannya, GM Susanto Megaranto.

Turunnya posisi Susanto ini tak lepas dari hasil kurang maksimal dan hanya bermain remis saat menghadapi pecatur India, IM Arghyadip Das. Hasil ini membuat Susanto berada di posisi empat dengan poin 6.

Pada laga akhir atau putaran 11, Jumat (21/06/2019), akan penentuan Rustam untuk juara. Dirinya menghadapi Susanto Megaranto yang kini menempati peringkat 4 dengan poin 6.

Sedangkan Novendra harus bisa mengalahkan Sokolov untuk menjadi juara sambil berharap Susanto menghentikan laju Rustam. Begitu pula Kokarev juga mengalami kekalahan di laga tersebut.