Viola saat berbincang dengan media. (Foto : Giyanto)

OLENAS.ID – Apa kiat untuk menjadi seorang CEO di PT Putra Sleman Sembada (PT PSS)?. Viola Kurniawati, mantan CEO di perusahaan yang menaungi PSS Sleman memberikan kuncinya.

” CEO PSS harusnya banyak sabar dan mendengarkan. Punya passion di sepakbola, tak hanya mengerti saja (soal sepakbola),” ujar Viola saat berbincang dengan wartawan di sebuah restoran di Yogyakarta, Selasa (03/09/2019). Ini pertemuan pertama Viola setelah RUPS PT PSS pada Sabtu (31/8) lalu mengabulkan pengunduran dirinya.

Viola menjadi CEO PT PSS sejak 18 Mei 2019 lalu lewat keputusan RUPS menggantikan Soekeno yang memilih menjadi Komisaris Utama.

Sore itu Viola yang tampak segar mengungkapkan beberapa hal yang membuatnya sangat terkesan selama tiga bulan lebih jadi orang nomer satu di PT PSS.

Salah satunya saat Sleman Fans menyanyikan chant dirinya di dalam stadion.

Viola kepada wartawan mengungkap momen-momen yang membuatnya akan sulit meninggalkan Sleman. Satu yang paling tak bisa dilupakan yakni saat Sleman Fans menyanyikan chant dirimya di dalam stadion. 

“Rasanya luar biasa sekali dan membuat saya susah move on,” ungkap Viola yang sejak 31 Agustus 2019 tak lagi menjabat CEO PSS sejak 1 September. 

Tentang apa yang membuatnya memutuskan untuk mundur, perempuan lajang ini hanya menjawab dengan ibarat. “Misalnya mau ke Jakarta dan ingin naik pesawat, lebih cepat dan efisien. Tapi ada pihak lain yang maunya naik motor,”ujarnya.

Selama di PSS Viola mengakui mendapatkan kebebasan berinovasi, mewujudkan berbagai ide yang sebelumnya hanya dipendamnya.

Tiga bulan bekerja, Viola mengatakan ia bersama tim telah menanamkan sistem yang akan dikerjakan PSS paling tidak selama tiga tahun kedepan. Ia merasakan kebebasan berinovasi mewujudkan pemikiran yang sebelumnya hanya dipendam dalam angan saja. 

Viola menyebut nama Soekeno sebagai sosok yang mempercayainya untuk menjabat sebagai CEO. “Kesempatan seperti ini baru saja dapatkan di Sleman. Saya terus terang berterima kasih kepada Pak Soekeno,”tambahnya.

Tentang rencananya di masa mendatang, Viola mengaku belum bisa menentukan saat ini.***