OLENAS.ID – PSS Sleman yang sempat diragukan geraknya untuk menambah pemain memberikan gebrakan menjelang ditutupnya jendela transfer paruh musim dengan mendatangkan enam pemain baru.

Keenam pemain tersebut adalah Ocvian Chanigio (Persitema Temanggung), Efdal Prastiyo (Persitema Temanggung), Arif Satya Yudha Alkanza (Persiba Bantul), Ardan Aras (Martapura FC), Jefri Kurniawan (Perseru Badak Lampung FC) dan Antoni Putro Nugroho (Kalteng Putra FC).

Ketidaksabaran suporter terhadap gerakan PSS Sleman yang sebelumnya mencoret 5 pemainnya bisa dimaklumi. Kecintaan suporter yang besar punya dua sisi, menjadi penyemangat dan tekanan.

“Proses negosiasi tidaklah mudah, rumit dan melelahkan. Kesepakatan tercapai di saat-saat terakhir jendela transfer akan berakhir. Semua ini untuk kepentingan tim, untuk suporter yang menginginkan PSS Sleman tetap tampil baik dan bertahan di Liga 1 musim depan,”jelas Dr. Hempri Suyatna, Direktur Litbang PT PSS (Putra Sleman Sembada) di Sleman, Senin (16/09/2019).

Pernyataan Hempri yang juga dosen di UGM itu tak berlebihan. Transfer paruh musim ini tidaklah mudah. Klub-klub lain mengalami kendala sama, sebut saja Bali United yang juga tak bisa menggaet pemain kelas atas. Banyak klub tak mau melepaskan pemainnya.

Sisa waktu 4 bulan yang ada memang riskan bagi klub untuk bongkar pasang skuat yang ada. Selain tentunya pertimbangan finansial.

Hadirnya 6 pemain baru itu membuat PSS Sleman telah menambah amunisi skuatnya sebanyak 9 orang. Sebelumnya sudah diikat kontrak tiga pemain yakni mantan pemain timnas U-22, Samuel Christianson, Saddam Emiruddin (pemain Akademi PSS U-18, saat ini pemain Timnas U-19) dan kiper Alex Sander (usia 22 tahun dari Sriwijaya FC).

Sedangkan pemain yang dilepas oleh PSS adalah Nerius Alom, Junius Bate, Irsan Lestaluhu, Dhika Bhayangkara, hingga penyerang Rudi Widodo yang tak mendapat menit bermain.

“Dari pemain baru yang didatangkan, PSS Sleman tak lupa memikirkan pengembangan usia muda. Ini bentuk komitmen Super Elja dalam mengorbitkan talenta muda. Kita melihat bagaimana Irkham Zahrul Mila dan M Sidik Saimima dipercaya memperkuat Timnas U-22,”tambah Asisten Manager PSS Sleman, Muchammad Eksan. ***

T