Yevhen usai cetak gol pertamanya (foto : Youtube)

OLENAS.ID – PSS Sleman menang telak 2-0 atas tuan rumah Bhayangkara FC lewat brace Yevhen Bokhashvili dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Jumat (04/10/2019) sore.

Permainan kolektif yang apik Super Elang Jawa, dengan pertahanan yang solid dan gelandang yang membantu barisan belakang membuat Bhayangkara harus tertunduk malu di kandang sendiri. Dua gol Yevhen juga menempatkan striker lajang asal Ukraina itu menjadi top skor PSS dengan 11 gol.

Selain itu, Yevhen juga memecahkan kemandulan PSS dengan gol yang lahir dari sundulan kepala. Statistik PT Liga Indonesia Baru (LIB), seperti disampaikan minggu lalu dalam workshop di Sleman, menyebutkan bahwa PSS tak pernah mencetak gol dari heading.

Meski turun pincang dengan cederanya beberapa pemain, termasuk Brian Farreira yang selama ini jadi motor serangan, Elang Jawa tak gentar meladeni permainan cepat Bhayangkara FC sejak babak pertama.

Bhayangkara sendiri memiliki peluang berbahaya di menit ke-43 lewat sundulan Dendy Sulistyawan yang sore tadi bermain gemilang. Namun bola hanya menerpa tiang kiri lalu memantul ke tiang kanan dan diamankan oleh Ega Rizky.

Meski tidak menjadi gol dan tidak diprotes pemain Bhayangkara, namun dari tayangan ulang terlihat bola sudah melewati garis gawang.

Babak kedua tensi permainan meningkat, namun serangan demi serangan dari Bhayangkara FC berhasil dipatahkan barisan pertahanan Elang Jawa. Ega Rizky pun tampil gemilang menjaga gawangnya, dengan penempatan diri yang tepat, atau tepisannya yang menggagalkan tendangan Bruno Matos.

Di babak kedua ini coach Seto Nurdiyantoro melakukan pergantian pemain. Kushedya Hari  Yudo dimasukkan untuk menggantikan Arsyad Yusgiantoro.Terbukti pergantian ini mampu membuat serangan PSS dari sisi sayap makin menyengat.

Yudo yang sering beroperasi dari sisi kiri di menit ke-59 mengirim umpan cut back. Umpan itu menghasilkan kemelut, yang oleh Yevhen mampu dimanfaatkan dengan cocoran kaki kanannya yang tak mampu dihalau oleh kiper Wahyu Tri Nugroho. PSS unggul 1-0 atas Bhayangkara.

Tekanan demi tekanan terus dilancarkan oleh Bhayangkara lewat aksi Bruno Matos, Dendy dan Herman Tzumafo. Dendy mendapat peluang emas lewat tendangan melintirnya, namun masih mampu ditepis oleh Ega Riski.

Di menit ke-91 Yevhen kembali membuat fans PSS yang hadir di stadion PTIK berloncat-loncat gembira setelah berhasil menanduk umpan silang Wahyu Sukarta. Kedudukan 2-0 tak berubah hingga menit ke-94 saat wasit meniup peluit panjang.

PSS Sleman pulang dengan kepala tegak. PSS kini naik ke peringkat ketujuh, melewati Persebaya Surabaya, dengan koleksi 32 angka dari 22 pertandingan. Sementara, Bhayangkara FC tertahan di peringkat ke-10 dengan 24 angka.

Elang Jawa membuktikan dirinya sebagai tim yang patut diperhitungkan tim lainnya. Mereka menang dengan skuat yang pincang menyusul tidak tampilnya Brian akibat hukuman akumulasi kartu kuning, cederanya Haris Tuharea dan Ricky Kambuaya, serta kepergian Irkham Milla, Sidik Saimima, serta Samuel Christianson mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-23. ***

Susunan Pemain :
Bhayangkara FC
Wahyu Tri; M Fatchu Rochman, Anderson Salles; Adam Alis, Dendy Sulistyawan, Lee Yujun, T.M Ichsan, Bruno Matos; Jajang Mulyana, Nur Iskandar, Alsan Putra

PSS Sleman
Ega rizky; Jajak Sukmara, Ikhwan Ciptadi, Bagus Nirwanto, Alfonso De La Cruz; Ardan, Rangga Muslim, Ocvian Chanigio, Guilherme; Arsyad Yusgiantoro, Yevhen Bokhashvili.