Ketua Umum Persiba Bantul HM Idham Samawi (dua dari kanan) dan pengusaha perhotelan Soekeno (tiga dari kiri), Dina (dua dari kiri) foto bersama usai proses akuisisi Persiba Bantul akhir pekan lalu. (foto : Ist)

OLENAS.ID – Soekeno makin mengukuhkan dirinya sebagai raja sepakbola di Yogyakarta setelah menjadi pemegang saham terbesar Persiba Bantul. Sebelumnya ia juga menguasai mayoritas saham PT PSS (Putera Sleman Sembada) yang menaungi PSS Sleman dengan lebih dari 60%.

Kini pemilik Muncul Grup, perusahaan yang memulai bisnisnya dengan penyewaan mesin foto kopi itu mengambil alih 75% saham PT Bantul Jaya Utama ((BJU), yang mengelola Persiba Bantul.

Kepastian pengambilalihan oleh Soekeno yang kelahiran Malang itu terjadi setelah pertemuan dengan Ketua Umum Persiba Idham Samawi yang juga mantan Bupati Bantul, Sabtu (5/10/2019). Pertemuan itu juga dihadiri Endro Sulastomo dan Rumawan.

Mereka bersepakat 75 persen saham PT BJU berpindah ke Soekeno. Sementara, 10% saham milik Idham Samawi. Adapun Endro Sulastomo, Hanung Raharjo, Wikan, Fanani dan Dahono yang masing-masing memiliki 2% dan 5% diberikan kepada suporter Persiba.

Pertemuan itu juga menetapkan perubahan jajaran komisaris PT BJU, yang kini tiga figur utama, yakni Idham Samawi, Endro Sulastomo dan Dina. 

“Untuk GM saat ini dijabat Hanung Raharjo, sedangkan manajer operasional tim dipegang Rumawan,” ujar Endro Sulastomo.

Alat Pemersatu

Soekeno sendiri dalam penjelasannya mengatakan tidak ingin sepak bola Bantul mati. “Ndak boleh. Padahal, ke depan, sepak bola adalah alat pemersatu bangsa, sekaligus hiburan bagi masyarakat,” tegas pengusaha properti yang sukses itu.

Selain itu, menurut Soekeno, Persiba Bantul adalah tim legendaris, yang sempat mencicipi kasta tertinggi sepak bola Indonesia setelah menjuarai Divisi Utama 2011

“Oleh sebab itu, saya dukung Persiba. Penting bagaimana caranya Persiba tetap ada dan ikut berkompetisi. Jangan sampai enggak ada,” kata Soekeno.

Persiba Bantul tergabung dalam Grup A Liga 3 Pra-Nasional bersama dengan Solok FC, PS Abadi, Lampung Sakti, dan Persika Karawang. Persiba Bantul akan melakoni laga perdana di Grup A pada 12 Oktober mendatang menjamu Solok FC di Stadion Sultan Agung Bantul.

Sementara, laga perdana di Grup A dimulai Sabtu (5/10/2019) yang mempertandingkan Solok FC melawan Lampung FC dan PS Abadi melawan Persika Karawang.***