OLENAS.ID – Meski perkara lisensi klub AFC sudah didengungkan sejak lama, namun belum semua peserta Liga 1 mampu memenuhinya. Dari 16 klub yang mengajukan lisensi klub profesional AFC, separuhnya saja yang dinyatakan lolos.

Dari jumlah itu, dua dinyatakan lolos dengan catatan atau disebut granted with sanction yakni Bali United dan Bhayangkara FC. Kedua tim ini masih harus memperbaiki data yang bisa dikumpulkan hingga menjelang musim kompetisi AFC 2020.

Sedangkan enam klub yang mendapatkan status granted atau lolos untuk mendapatkan lisensi klub AFC adalah Arema FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar.

Adanya standar lisensi AFC ini, menurut Chairperson Club Licencing Committee PSSI dalam situs federasi, Timmy Setiawan, klub sepakbola profesional di Indonesia memiliki referensi untuk standar kualitas manajemen klub yang selalu menjadi prioritas dalam pengembangan sepak bola modern, baik dari AFC maupun PSSI,

Pengajuan lisensi AFC 2019 merupakan rangkaian proses verifikasi dan lisensi bagi klub sepak bola profesional agar bisa berpartisipasi di kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh AFC, seperti Liga Champions Asia maupun Piala AFC.

Ada 5 aspek penilaian yang dievaluasi yaitu menyangkut keolahragaan, infrastruktur, personal dan administrasi, legal, dan finansial.

Sementara terkait keputusan atas pengajuan lisensi terdapat tiga kategori yaitu granted atau dinyatakan lolos, granted with sanction yang artinya lolos bersyarat, dan rejected atau ditolak.

Bhayangkara FC yang masih termasuk lolos bersyarat memiliki pengalaman pahit soal tidak memiliki lisensi klub AFC. Menikmati gelar juara Liga 1 2017 akhirnya Bhayangkara FC tidak bisa ikut kompetisi AFC 2018 karena masalah lisensi tersebut. Persija Jakarta dan Bali United kemudian jadi wakil Indonesia di Piala AFC 2018

Club Licensing Department PSSI memberikan asistensi pada klub yang membutuhkannya. Pada 2019 terdapat 4 klub yang menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam proses licensing dari tahun sebelumnya. Ke-4 klub tersebut adalah Madura United, Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, dan PSIS Semarang .

Artikulli paraprakSongsong Partai Kandang, Pemain PS Sleman Ikuti Outbound
Artikulli tjetërPS Sleman Tak Mau Manfaatkan Faktor Internal Kalteng Putra