OLENAS.ID – Timnas Indonesia U-23 pulang tanpa meraih satu kemenangan dalam kiprahnya di Chongqing International Football Tournament 2019. Namun mereka berhasil memetik satu poin setelah bermain imbang 1-1 melawan Arab Saudi di Stadion Wanzhou, Chongqing, Tiongkok, Selasa (15/20/2019) sore WIB.

Turun dengan susunan pemain yang mayoritas sama saat menghadapi China, Indonesia langsung mendapat tekanan dari Arab Saudi. Gol tuan rumah sudah tercipta di menit ke-10 lewat aksi Awn Alsaluli. Berawal dari situasi tendangan bebas, pemain bertahan Arab Saudi, Awn Alsaluli kemudian menyundul bola yang tak mampu dihalau kiper Muhammad Riyandi.

Keunggulan Arab Saudi tak bertahan lama. Timnas Indonesia U-23 membalas lima menit kemudian dengan skema yang sama. Tendangan bebas Syahrian Abimanyu mampu dimanfaatkan oleh Irkham Zahrul Mila dengan sundulan yang merobek jala Arab Saudi.

Sundulan Mila yang gelandang PS Sleman itu menjadi gol pertama bagi Indonesia di turnamen mini itu. Dua laga sebelumnya Indonesia ditekuk Tiongkok dengan 2-0, lalu kalah 1-0 dari Yordania.

Setelah gol penyeimbang itu Indonersia terus mendapat tekanan. Namun barisan belakang dan ketangguhan Muhammad Riyandi mampu meredamnya hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, tekanan demi tekanan Arab Saudi tak mampu juga menembus kokohnya pertahanan Indonesia. Keunggulan postur benar-benar dimanfaatkan oleh Arab Saudi lewat umpan-umpan lambung ke depan gawang Indonesia.

Namun meski mendominasi pertandingan, Arab Saudi tak juga mampu menambah gol hingga wasit meniup peluit panjang.

Hasil itu membuat Indonesia pulang dengan satu poin, satu gol dan kebobolan empat gol dari tiga laga. Tuan rumah Tiongkok pun resmi jadi juara turnamen itu. ***

Artikulli paraprakPS Sleman Tak Mau Manfaatkan Faktor Internal Kalteng Putra
Artikulli tjetërAmbyar Sudah Indonesia, Empat Kali Kalah Beruntun