Indonesia digasak 1-3 menghadapi Vietnam di Bali. (Foto : AFC)

OLENAS.ID – Ambyar. Indonesia remuk di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan menelan empat kekalahan di Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Dalam laga terakhir di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019) malam, Vietnam mempermalukan anak asuh Simon McMenemy dengan 3-1.

Sepanjang pertandingan para penonton meneriakkan tuntutan McMenemy mundur, baik lewat yel-yel maupun nyanyian. Tuntutan yang tak mereda meski Ivan Bachdin mampu menyarangkan satu gol di laga yang disaksikan 8.237 penonton itu.

Nyanyian itu misalnya: “Sayonara, sayonara, sampai berjumpa pula. Buat apa Simon? Buat Simon? Simon itu tak ada gunanya.” 

Tak cuma lagu itu, penonton bahkan menyanyikan lagu Gugur Bunga untuk mengheningkan cipta sebagai sindiran bahwa Timnas Indonesia kerap meraih hasil buruk. Kekalahan 1-3 dari Vietnam ini menjadi kali keempat selama beruntun setelah sebelumnya takluk dari Malaysia 2-3, Thailand 0-3, dan Uni Emirat Arab 0-5.

Bahkan setelah usai laga, suporter berusaha menghadang bus sambil tetap meneriakkan McMenemy mundur.

Hasil ini membuat Indonesia kini berada di posisi juru kunci. Sedangkan Vietnam berada di peringkat ketiga dengan tujuh angka.

Saat Indonesia berhadapan dengan Vietnam, Thailand menaklukkan Uni Emirat Arab dengan skor 2-1 di Bangkok. Thailand pun memimpin klasemen sementara, mendulang nilai sama dengan Vietnam tapi unggul selisih gol

Kalah dari Vietnam juga memastikan Indonesia tersingkir dari ajang kualifikasi Piala Dunia, hal yang tak mengherankan sebenarnya. Namun selalu keok di 4 laga, dimana 3 pertandingan di kandang sendiri menjamu sesama tim Asia Tenggara merupakan suatu tragedi tersendiri.

Setelah ambyar prestasi yang diraih, kini tinggal menanti apa langka PSSI. ***

Baca selengkapnya: https://www.indosport.com/sepakbola/20191016/3-fakta-memilukan-dari-hasil-memalukan-timnas-indonesia-vs-vietnam

Artikulli paraprakIndonesia Akhirnya Cetak Gol Lewat Sundulan Irkham Mila
Artikulli tjetërPSM Mengamuk, Hajar Arema 6-2