Selebrasi Rizky Pellu saat cetak gol ke gawang Arema FC (Foto : tribun-timur.com)

OLENAS.ID – Hanya butuh waktu empat menit bagi PSM Makassar untuk memulai kemenangannya atas tim tamu, Arema FC di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin, Makassar, Rabu (16/10/2019) malam. PSM berhasil menghajar Arema FC dengan skor tidak tanggung-tanggung, 6-2 dalam laga tunda pekan kelima Liga 1 2019.

Gol cepat PSM di menit ke-4 itu dicetak oleh Ferdinand Sinaga yang memanfaatkan bola liar di depan gawang Singo Edan. Berawal dari tendangan Marc Klok yang membentur mistar, Ferdinand langsung mengekskusinya dengan telak.

Singo Edan langsung menekan untuk menyamakan kedudukan, tapi belum juga berhasil. Justeru PSM menambah golnya di menit ke-24 lewat Rizky Pellu memanfaatkan umpan sepak pojok Wiljan Pluim.

Upaya Arema membuahkan hasil dua menit kemudian lewat Dedik Setiawan. Striker Arema itu menerima umpan terobosan dari Arthur Cunha ke kotak penalti, yang langsung ditembak dengan keras menjebol gawang PSM.

Babak pertama ditutup dengan skor 3-1 bagi keunggulan tuan rumah setelah Marc Klok menambah gol lewat titik penalti di menit ke-38. Penalti itu diberikan wasit setelah pemain Arema, Ikhfanul Alam melakukan handball saat menghalau tembakan Wiljan Pluim.

Memasuki babak kedua, PSM terus menekan dan memetik hasilnya di menit ke-57 lewat Ferdinand Sinaga. Brace striker asal Medan itu berawal dari umpan terobosan Wiljan Pluim ke kotak penalti. Ferdinand lolos dari kawalan bek PSM, lalu melepaskan tembakan placing yang tak mampu dihalau Kurniawan Kartika Ajie.

Tak berhenti di situ, PSM kembali menambah gol sepuluh menit kemudian lewat pemain naturalisasi, Ezra Walian. Tembakan dari luar penalti Ezra masih mampu ditepis Kartika Ajie, tapi bola tetap bergulir ke dalam gawang. Kedudukan berubah 5-1 untuk PSM.

Juku Eja seakan enggan mengakhiri pesta golnya. Kali ini Wiljan Pluim yang bermain apik mengoyhak jala gawang Arema di menit ke-72. Tendangan dari luar kotak penalti ke sudut bawah kanan gawang tak mampu dijangkau kiper Arema.

Singo Edan akhirnya mampu memperkecil ketinggalan menjadi 2-6 di menit ke-80 lewat Ricky Kayame. Gol itu bermula dari kesalahan antisipasi pemain belakang PSM, bola meluncur ke depan Ricky yang dengan mudah menembak dari jarak dekat.

Arema mampu memperkecil ketinggalan menjadi 2-6 pada menit ke-80 melalui gol yang dicetak Ricky Kayame. Kesalahan antisipasi pemain bertahan PSM membuat bola meluncur ke depan Ricky yang dengan mudah menceploskan bola dari jarak dekat.

Pesta gol PSM ke gawang Arema FC itu merupakan balas dendam yang manis setelah mereka harus menelan kekalahan 0-2 saat bertandang ke Stadion Kanjuruhan, 2 Oktober 2019 lalu. ***

PSM
Rivky Mokodompit (kiper); Aaron Evans, Beny Wahyudi, Hasim Kipuw, Taufik Hidayat (belakang); Marc Klok, Rizky Eka Pratama, Rizky Pelu, Wiljan Pluim (tengah); Ezra Walian, Ferdinand Sinaga (depan)
Pelatih: Darije Kalezic

Arema
Kurniawan Kartika Ajie (kiper); Arthur Cunha, Ikhfanul Alam, Johan Alfarizi, Alfin Tuasalamony (belakang); Hendro Siswanto, Konate Makan, Ridwan Tawainela, Takafumi Akahoshi (tengah); Dedik Setiawan, Sylvano Comvalius (depan)
Pelatih: Milomir Seslija