Yevhen Bokhavilli merayakan golnya ke Kalteng Putra bersama KH Yudo.

OLENAS.ID – Sundulan Yevhen sambil membelakangi gawang, yang membuat kiper Kalteng Putra, Recky Rahayu hanya terpaku mengantar PS Sleman meraih tiga poin dalam laga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (18/10) sore.

Kemenangan itu mengakhiri tren buruk yang jarang menang di kandang. Dari sepuluh pertandingan di kandang, hanya tiga yang berhasil dimenangkan oleh Super Elang Jawa, yakni 3-1 atas Arema, 2-1 atas Persebaya, dan 3-2 atas PSM.

Laga kandang lainnya berakhir seri yakni 1-1 melawan Semen Padang, Bhayangkara FC, Persela Lamongan, dan Persipura serta 2-2 melawan Barito Putera dan Madura United. Dari potensi 30 poin, PSS hanya bisa menggenggam 15 angka atau separuhnya.

Dalam laga menghadapi Kalteng Putra, yang disaksikan sekitar 20 ribuan penonton (berbarengan dengan jam kerja, sehingga tidak bisa terisi penuh kapasitas stadion), PS Sleman bermain rapi.

Bek senior, Purwaka Yudi yang ditandemkan dengan Ikhwan Ciptady mampu membuat kolaborasi yang solid di jantung pertahanan.

Di tengah, Brian Farreira tampil menawan dengan gocekan dan umpan-umpannya. Gelandang muda, Ocvian Chanigio yang mendampinginya juga bermain cukup bagus. ini merupakan penampilan kedua dari pemain yang direkrut dari klub Liga 3, Persitema Temanggung. Ia mulai jadi starting saat menghadapi Bhayangkara FC 4 Oktober lalu.

Mengawali laga, PSS langsung melakukan tekanan. Hasilnya, saat pertandingan baru berjalan 11 menit Yevhen Bokhashvili membuat suporter Super Elang Jawa bersorak . Berawal dari pelanggaran kapten Kalteng Putra, I Gede Sukadana terhadap KH Yudo di luar kotak penalti yang menghasilkan tendangan bebas. 

Eksekusi tendangan bebas dari Guilherme Felipe ‘Batata’ de Castro diteruskan Yehven lewat sundulan sembari membelakangi gawang. Ini merupakan gol keduanya lewat sundulan kepala, setelah yang pertama saat menghadapi Bhayangkara FC.

Gol itu juga makin mengkokohkan Yevhen, lajang 26 tahun asal Ukraina itu sebagai top skorer PS Sleman dengan 12 golnya. Yevhen juga menjadi top skor di urutan keempat Liga 1 2019, berada di bawah Alex Dos Santos Goncalves (16 gol), Marco Simic (14) dan Beto Goncalves (13). ***