Hisyam Tolle (foto : instagram)

OLENAS.ID – Tidak mampu mengontrol emosi itu mengantarkan pemain PSIM Yogyakarta, Achmad Hisyam Tolle harus menepi selama 5 tahun dari dunia sepakbola. Komite Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan hukuman berat terhadap Tolle yang menghajar pemain Persis Solo dan mengintimidasi wartawan.

Kejadian itu berlangsung saat PSIM menjamu Persis Solo di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Senin (21/10/2019). Di menit terakhir menjelang berakhirnya laga, Tolle yang sudah keluar lapangan karena terkena kartu merah melayangkan tendangan kungfu ke pemain Persis, M.Shulton.

Tak hanya itu. Mengetahui perbuatannya terekam kamera wartawan, Tolle juga mengintimidasi fotografer Goal Indonesia, Budi Cahyono agar menghapusnya.

Meski bukan berarti akhir dari karier, namun Tolle yang mantan pemain PSS Sleman itu bisa terancam pensiun dini di usianya yang masih 25 tahun. Ia harus bersabar menunggu berakhirnya sanksi Komdis PSSI berakhir, atau mengupayakan keringanan hukuman.

Selain Tolle, Komdis juga menghukum dua pemain PSIM lainnya yang didakwa melakukan pemukulan terhadap pemain Persis dan mengintimidasi wartawan. Raymon Ivantoninus dihukum larangan dua kali bertanding, sedangkan Aldaier Makatindu hanay mendapatkan teguran.

Sedangkan PSIM sendiri dihukum bertanding tanpa penonton selama dua bulan pada musim kompetisi 2020 mendatang, serta denda Rp 100 juta. ***

Artikulli paraprakLa Nyalla Tak Mau Ikuti Kongres PSSI 2 November 2019
Artikulli tjetërKalteng Putra Akhiri Paceklik Kemenangan, Tundukkan Persela 2-0