Wolfgang Pikal Mundur dari Persebaya Surabaya (foto : twitter Persebaya)

OLENAS.ID – Kembali Liga 1 2019 menelan korban pelatih. Kali ini Wolfgang Pikal mundur sebagai pelatih Persebaya Surabaya, sehari setelah tim Bajul Ijo keok 2-3 atas PS Sleman di kandangnya sendiri, Selasa (30/10/2019) kemarin.

Pengunduran diri Pikal disampaikan dalam twitter resmi Persebaya, 30 Oktober 2019. ”Terima kasih untuk Persebaya, manajemen dan pelatih. Hari ini tanggal 30 Oktober, saya mundur sebagai pelatih kepala Persebaya,” kata Pikal. ”Ini adalah risiko sebagai pelatih kepala,” imbuhnya.

Sejak ditangani Pikal, Persebaya semakin terpuruk. Tim kebanggaan arek Suroboyo itu belum sekalipun meraih kemenangan dalam enam laga beruntun. Rinciannya adalah empat kali kalah dan dua imbang.

Pikal sendirinya bukan pilihan utama dari Persebaya sebagai pelatih. Pada Agustus 2019 lalu, Persebaya menunjuk eks Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl untuk menggantikan Djadjang Nurdjaman. Riedl membawa asistennya, Pikal. Namun, sebulan kemudian, Riedl batal melatih Persebaya karena harus menjalani operasi jantung. Akhirnya, Pikal ditunjuk manajemen membesut Persebaya.

Dalam tiga pertandingan terakhirnya Bajul Ijo selalu menelan kekalahan beruntun. Usai dilibas Persib Bandung, Persebaya kemudian takluk di tangan Persela Lamongan dan terakhir dipermalukan PSS Sleman di kandang sendiri.

Tak pelak, rentetan hasil buruk itu membuat peringkat Bajul Ijo di klasemen sementara Liga 1 2019 menurun drastis. Saat ini Bajul Ijo menempati peringkat sembilan klasemen sementara dengan koleksi 31 angka dari 25 pertandingan. ***