Madura United vs PSS, 31 Juli 2019 yang dimenangkan tim tamu PSS dengan skor 1-0. (foto : kompas.com)

OLENAS.ID – PS Sleman punya status baru, setelah meraup poin penuh saat menekuk Persebaya Surabaya 3-2 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Selasa (29/20/2019. Mereka kini jadi jago tandang, mengalahkan pemuncak klasemen sementara Liga 1 2019, Bali United.

Dalam 13 lawatan, klub yang berjuluk Super Elang Jawa itu mampu memenangi 6 di antaranya. Itu merupakan catatan kemenangan tandang terbaik dari peserta Liga 1 2019. Selain menang saat tandang, PSS meraup dua seri dan lima kalah.

Bali United meraih lima kemenangan tandang. Tim asuhan Stefano Cugurra itu kalah satu kemenangan dari PSS Sleman.

Sebagai tim promosi, raihan PSS itu mengesankan. Mereka mampu bersaing dengan tim-tim lain, meski hanya mengandalkan sejumlah pemain yang sudah membela tim sejak di Liga 2 2018. Penambahan pemain di putaran kedua pun tak ada yang dari Liga 1, bahkan PSS berani mendatangkan pemain Liga 3.

Hasil perolehan bermain di kandang lawan itu membuat PSS mampu mengoleksi 20 poin di kandang lawan. Itu menjadi perolehan terbaik di antara kontestan lain, setelah pekan sebelumnya diduduki oleh Persipura Jayapura yang meraup 18 poin.

Lima kemenangan tandang, di luar hasil dari markas Persebaya, adalah 2-0 atas Kalteng Putra, Perseru Badak Lampung dan Bhayangkara FC, serta 1-0 atas Madura United dan Semen Padang.

Kemenangan 2-0 atas tuan rumah Kalteng Putra di putaran pertama sebenarnya didapat di Stadion Maguwoharjo. Saat itu Kalteng bertindak sebagai tuan rumah, saat masih bermarkas di Stadion Sultan Agung. Kalteng lebih memilih menggelar laga kandang di Maguwoharjo dengan pertimbangan banyaknya jumlah penonton. ***