OLENAS.ID – Dua tim memakai kaus dengan corak yang sama. Juga dengan tulisan yang sama : satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa : Indonesia.

Kemudian di bawah tipografi di atas, ada tambahan berupa #KITABERSAUDARA. Fair play, respect, discipline, unity.

Dua tim itu bukan sembarangan yakni Persib Bandung dan Persija Jakarta, saat keduanya berlaga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (28/10/2019). Kaos itu dikenakan sebelum kick off.

Ada dua makna dari pengenaan kaos itu. Duel klasik itu bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda. “Pebola profesional sebagai bagian dari pemuda. Sudah selazimnya untuk memperingati hari nasional tersebut secara bersamaan,” jelas sang penggagas aksi, Rian Ihsan menjabat sebagai digital and assets PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Kedua, mengingatkan tentang pentingnya persaudaraan di sepak bola. “Kami sudah kampanye tentang #kitabersaudara di beberapa laga Shopee Liga 1 2019. Termasuk ketika Persija menjamu Persib pada putaran pertama lalu. Kami ingin, semua ini bisa berkelanjutan secara kontinu dan dipahami semua pihak,” tambahnya.

Para pemain Persib dan Persija mendukung penuh kreativitas tersebut. Menurut mereka, khusus tentang kampanye #Kitabersaudara, layak untuk dilanjutkan.

“Sudahi apa yang terjadi pada waktu lampau. Sudah saatnya berpikir yang lebih obyektif untuk perkembangan sepak bola nasional,” bilang Supardi, kapten Persib.

“Kami sangat mendukung kampanye ini. Sebagai pemain, kami sangat respek dengan niat tersebut. Kami percaya jika semuanya bisa respek, sepak bola kita akan indah,” ujar Riko Simanjuntak, gelandang Macan Kemayoran. ***