OLENAS.ID – Para pemain muda berusia di bawah 20 tahun ditantang menunjukkan kemampuannya melakukan juggling. Sebanyak 66 pemain dari seluruh Indonesia akan terpilih untuk mendapatkan hadiah Rp 1 miliar, dan mendapatkan pelatihan di camp.

“Juggling Idol diadakan untuk mencari bibit-bibit pesekbola profesional yang lahir dari hati. Segala sesuatu dimulai dari hati. Maka kami berprinsip juara dari lubuk hati, bukan teknik tendang bola,” ujar inisiator Juggling Idol, Iwan Piliang kepada OLENAS, Sabtu (9/11/2019) di Surabaya.

Sebanyak 66 pemain itu nanti akan diseleksi lagi menjadi 33 orang. Menjadi kesebelasan juara.

Surabaya menjadi kota pembuka ajang pencarian bakat di sepakbola ini. Para pemain muda berusia di bawah 20 tahun akan beradu kemampuan di Stadion 10 November, Tambaksari, Surabaya, Minggu (10/11/2019).

Mereka yang akan mengikuti ajang ini tak perlu membayar, alias gratis. Membawa minuman sendiri, tinggal datang dan mengisi formulir. Acara dimulai jam 12 siang, mulai juggling pukul 15.00 WIB.

“Gerakan ini baru kami launching di Surabaya ini, respons ibu wali kota Risma sangat bagus. Insyaallah ibu Risma hadir,” katanya.

Dalam Juggling Idol ini, Iwan Piliang juga mengajak Tristan Alif Naufal, satu-satunya pemain muda Indonesia yang diundang langsung berlatih di Ajax Amsterdam, Belanda.

“Tristan adalah salah satu contoh baik, nanti Maret 2020 dia berangkat ke Ajax. Kami ingin menunjukkan segala sesuatu harus dimulai dari hati,” katanya.

Iwan yang juga mantan jurnalis mengungkapkan, sejak lama merasa prihatin dengan pengajaran di sekolah-sekolah sepakbola yang beberapa diantaranya mengedepankan kemenangan dengan segala cara. Prinsip hajar, sikat, matiin diutamakan. . Seharusnya, motivasi untuk anak-anak adalah maju, sportif, juara.

“Kalau selama ini hajar, sikat matiin, terus kapan kita bisa juara. Kenapa tidak diganti maju, sportif, juara?. Segala sesuatu dimulai dari hati. Maka kami berprinsip juara dari lubuk hati, bukan teknik tendang bola,” katanya.

Dalam Jugling Idol, Tristan juga akan ikut bermain Juggling di hadapan peserta. Tristan mengakui bila dia bisa Juggling selama 30 menit lebih dan akan tampil pertama sebelum para peserta. “Terakhir saya hitung 30 menit lebih 51 detik,” kata Tristan.

Para pemenang dari seluruh Indonesia sebanayk 66 orang akan diumumkan pada Februari 2020 ***