OLENAS.ID – Raihan satu poin dari hasil bermain imbang 1-1 melawan Korea Utara di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (10/11/2019) malam, mengantarkan Timnas Indonesia U19 melaju ke putaran final Piala Asia 2020 di Uzbekistan.

Indonesia keluar sebagai juara Grup K dengan raihan 7 poin dari tiga laga. Sedangkan Korut harus puas di urutan kedua dengan 5 poin.

Tim Garuda Muda sebelumnya memetik dua kemenangan, masing-masing 3-1 atas Timor Leste dan 4-0 atas Hong Kong.

Di babak pertama, Indonesia mendapat peluang di awal pertandingan. Tendangan keras Sedy Ephy Fano di menit ke-4 masih mampu diamankan kiper Korea Utara, Si Kwan-guk.

Beckam Putra juga menambah ancaman empat menit kemudian. Sayangnya tendangan voli dari luar kota penalti dapat ditangkap kiper Korut.

Penampilan Si Kwan-guk sangat membantu timnya kebobolan lebih awal. Di menit ke-16 misalnya, ia sigap menepis bola hasil tendangan Fajar Fathur Rahman.

Namun, keasyikan menyerang membuat gawang Timnas Indonesia U19 bobol lebih dahulu di menit ke-40. Dari luar kotak penalti, Kim Kwang-chong melepaskan tembakan yang tidak bisa dihalau kiper Ernando Ari. Skor 0-1 untuk keunggulan Korea Utara bertahan hingga turun minum.

Usai turun minum, permainan agresif Indonesia membuahkan hasil di menit ke-59. Bagus Kahfi dilanggar di kotak terlarang. Peluang itu dimanfaatkan dengan baik oleh Bagus lewat tendangan kerasnya ke pojok kiri gawang Korea Utara.

Kedudukan 1-1 itu tak berubah hingga akhir pertandingan.

Selain Indonesia, terdapat tiga negara ASEAN lainnya yang juga lolos ke Uzbekistan yakni Malaysia (juara Grup G), Laos (runner up terbaik) dan Vietneam (peringkat kedua Grup J. ***