Kegembiraan pemain Indonesia usai mengalahkan Thailand (Foto : PSSI)

OLENAS.ID – Indonesia mengawali kiprahnya di SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Selasa (26/11/2019) dengan kemenangan 2-0 atas musuh berat, Thailand di babak penyisihan Grub B. Dua gol itu dicetak oleh Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay.

Thailand selalu jadi lawan berat, dan Indonesia lebih banyak menelan kekalahan saat bertemu di berbagai even. Kemenangan itu tak hanya mendulang tiga poin tapi memberi kepercayaan diri lebih untuk menghadapi penghuni Grup B lainnya yakni Vietnam, Singapura, Brunei Darussalam dan Laos.

Gol pertama Indonesia terjadi di menit ke-4, bermula dari sepak pojok. Evan Dimas yang mengambil sepakb pojok itu memilih mengoper pada Asnawi Mangkualam, yang kemudian mengembalikan bola pada Evan.

Evan lalu mengirim umpan silang mendatar ke muka gawang. Kemelut tercipta dan Egy berhasil melepaskan tendangan dari jarak dekat yang tak mampu ditahan oleh kiper Thailand, Nont Muangngam.

Setelah unggul cepat, Indonesia terus mencoba menekan Thailand. Peluang didapat Egy di menit ke-10. Namun tendangannya dari luar kotak penalti yang masih bisa diredam oleh Muangngam.

Sebaliknya Thailand yang berusaha menyamakan kedudukan tak mampu menembus pertahanan Indonesia yang tampil disiplin. Meski dikurung oleh Thailand, lini belakang Indonesia sulit dibongkar.

Evan Dimas juga mendapatkan peluang di menit ke-16. Umpang silang dari Egy disambut dengan tendangan voli Evan, sayangnya bola masih melambung di atas gawang.

Kiper Indonesia, Nadeo Winata juga bermain gemilang. Seperti kepiawaiannya di menit ke-19 saat menepis tendangan kerjas dari Suphanat Mueanta.

Di babak pertama, lini tengah Indonesia mampu mengimbangi Thailand. Kerjasama apik dari trio Syahrian, Evan Dimas dan Zulfiandi membuat tim Gajah Putih tak mampu menekan pertahanan Indonesia.

Pelatih Indra Sjafri melakukan pergantian di babak kedua. Egy ditarik keluar, digantikan Feby Eka Putra. Indra juga memberi kesempatan bermain untuk Rachmat Irianto menggantikan Evan Dimas.

Thailand sendiri terus melakukan tekanan, terutama pada 20 menit awal babak kedua, Mereka berhasil mengurung pertahanan Indonesia, dan beberapa kali mendapatkan peluang.

Di menit ke-67, Osvaldo Haay masuk menggantikan Muhammad Rafli yang terlihat mengalami masalah dan harus ditandu keluar lapangan.

Semenit berselang, tendangan bebas Anon mendarat tepat di kaki Supachi Chaided. Namun Supachi tidak bisa menguasai bola dengan baik sehingga Nadeo berhasil mengamankan bola.

Pada menit ke-71, Thailand mendapat peluang lewat Sittichok Paco yang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, bola masih melebar di atas gawang.

Tekanan-tekanan dari Thailand memaksa pemain-pemain Indonesia lebih banyak fokus bertahan di babak kedua. Seringkali ada 7-8 pemain yang berdiri di area sekitar kotak penalti, sambil mencoba mencari peluang melakukan serangan balik.

Seperti pada menit ke-75. Osvaldo mampu merebut bola di lapangan, yang lalu disodorkan ke Saddil Ramdani. Saddil melakukan penetrasi dari sisi kiri lalu melepaskan tembakan keras. Sayangnya hanya melenceng tipis di atas gawang.

Serangan balik Indonesia sendiri terlihat efektif, seperti peluang di menit ke-83. Feby Eka Putra melepaskan tendangan yang mampu diblok oleh Nont Muangngam.

Lalu di menit ke-86, serangan balik cepat terjadi, yang disusun oleh Saddil, lalu memberi umpan matang ke Osvaldo. Osvaldo yang menanti di kotak penalti dengan dingin menceploskan bola ke dalam gawang.

Indonesia pun akhirnya mampu menaklukkan Thailand dengan 2-0. ***